Amalan Doa Bulan Rajab Syaban Lengkap Dalil Hukum Dan Keutamaan - BacaLagi

Amalan Doa Bulan Rajab Syaban Lengkap Dalil Hukum Dan Keutamaan - BacaLagi

Pada kesempatan ini BacaLagi.ID akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Amalan Doa Bulan Rajab Syaban Lengkap Dalil Hukum Dan Keutamaan - BacaLagi".

Amalan Doa Bulan Rajab Syaban Lengkap Dalil Hukum Dan Keutamaan - Sebagai mana yang telah kita fahami bahwa bulan rajab adalah merupakan bulan yang memiliki peristiwa besar juga merupakan sejarah penting bagi umat islam di sepanjang jaman, karena di dalam bulan rajab itu terjadinya peristiwa isra miraj kepada Nabi kita Muhammad SAW yang merupakan khowarikuladat, maka untuk itu perbanyaklah beramal di bulan rajab agar kita mendapatkan pahala seperti yang di dapatkan oleh nabi Muhammad SAW.

Bulan rajab termasuk daftar dalam bulan harrom karena pada bulan rajab memiliki banyak peristiwa-peristiwa penting bagi umat islam terutama ada yang di namakan isra' miraj yang mana terjadinya isra miraj itu adalah pada tanggal 27 malam senin 10 tahun setelah di angkat kenabian bertepatan pada 621 M, tentunya inimerupakan hal yang sangat penting bagi kita untuk meningkatkan kualitas keimanan kitab kepada Alloh SWT, karena isra miraj kaitannya dengan keimana sebab merupakan khowarikul adat sebagai mukjizat bagi nabi kita Muhammad SAW.

Untuk supaya kita mendapatkan keberkahan pada bulan rajab maka kita sambutlah dengan penuh keikhlasan dalam beramal dan perbanyaklah baca tasbih, tahmid,dzikir,sholawat, baca qur'an dan bacaan doa yang biasa kita baca dari mulai bulan rajab, syaban dan ramadhan seperti mana doa bulan rajab akan kami tulis di sini dengan menggunakan tulisa arab latin dan di lengkapi dengan artinya guna untuk mempermuda penghafalan dan penghayatan makna yang terkandung dalam doa tersebut.

Amalan Doa Bulan Rajab Dan Dalil Hukum Keutamaan Syaban Lengkap

Bacaan doa bulan rajab arab latin dan artinya:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allahumma barik lana fî rajaba wasya‘bana waballighna ramadlana

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.”

(Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkar, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Dilil bacaan doa bulan Rajab:

كان إذا دخل رجب قال اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان

Artinya, “Jika masuk bulan Rajab, Rasulullah berdoa, ‘Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Sya‘ban. Sampaikan kami ke Bulan Ramadhan.’”

Dengan Hadits di atas Syekh Ibnu Rajab menyimpulkan bahwa hadits tersebut menganjurkan kepada kita untuk selalu memohoh kepada Allog Panjang umur dan barokah, pemahaman Ibnu Rajab ini di tulis oleh Syekh Abdur Rauf Al-Munawi waktu mensyarahkan kumpulan hadits Jami‘us Shaghir berikut ini:

قال ابن رجب: فيه أن دليل ندب الدعاء بالبقاء إلى الأزمان الفاضلة لإدراك الأعمال الصالحة فيها فإن المؤمن لا يزيده عمره إلا خيرا.

Artinya, “Syekh Ibnu Rajab mengatakan, pada hadits ini terdapat dalil anjuran doa panjang umur hingga waktu-waktu utama (Ramadhan) agar dapat melakukan amal saleh di waktu-waktu tersebut. Pasalnya, tidak bertambah usia orang beriman melainkan bertambah kebaikannya,” (Lihat Abdur Rauf Al-Munawi, Faidhul Qadir bi Syarhi Jami‘is Shaghir, [Beirut, Darul Makrifah, 1972 M/1391 H], cetakan kedua, juz V, halaman 131).

Dalil Keutamaan Bulan rajab:

Allah SWT berfirman :

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya : Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, Maka janganlah kamu Menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (QS. At-Taubah : 36)

Diriwayatkan dari Anas radhiyallahu ‘anhu,

فَضْلُ شَهْرِ رَجَبٍ عَلَى الشُّهُورِ كَفَضْلِ القُرآنِ عَلى سَائِرِ الكَلامِ، وَفَضْلُ شَهْرِ شَعْبانَ عَلَى الشّهُورِ كَفَضْلِي عَلَى سَائِرِ اْلأَنْبِياءِ، وَفَضْلُ شَهْرِ رَمَضانَ كَفَضلِ اللهِ عَلى سَائِرِ الْعِبَادِ

Artinya: “Keutamaan bulan Rajab atas bulan-bulan lainnya seperti keutamaan al-Quran atas seluruh perkataan. Dan Keutamaan bulan Sya’ban atas bulan-bulan lainnya seperti keutamaanku atas seluruh Nabi. Keutamaan bulan Ramadhan seperti keutamaan Allah atas seluruh hamba-Nya.”

Mungkin itulah yang dapat kami tulis amalan doa bulan rajab dan dalil hadits hukum keutamaan syaban lengkap artinya, semoga dengan adanya tulisa doa ini berm,anfaat bagi kita semua dan kita selamanya mendafatkan bimbingan taufiq hidayah serta inayah dari Alloh SWT sehingga kita diberikan kemudahan urusan dunia maupun akherat.

Selain sebagai media informasi islami, kami juga berbagi edukasi tentang kesehatan, anda bisa membacanya pada artikel berikut Informasi Kesehatan dan Keperawatan

Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini : Tuliskan komentar relevan anda dibawah ini dengan jelas & sopan, sesuai dengan topik ulasan mengenai Doa Terbaru 2019.

Untuk menghindari spam dan tautan aktif, komentar akan dimoderasi. Dapatkan balasan dari melalui e-mail anda :

Komentar Artikel "Amalan Doa Bulan Rajab Syaban Lengkap Dalil Hukum Dan Keutamaan - BacaLagi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel