Bacaan Niat Dan Tata Cara Lafadz Takbir Sholat Idul Idul dan Adha

Bacaan Niat Dan Tata Cara Lafadz Takbir Sholat Idul Idul dan Adha

Pada kesempatan ini BacaLagi.ID akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Bacaan Niat Dan Tata Cara Lafadz Takbir Sholat Idul Idul dan Adha".

Tata Cara Bacaan Niat dan Lafadz Takbir Sholat Idul Fitri Serta Idul Adha. Untuk hukum dan tata cara pelaksanaan sholat sunnah idul adha sama halnya seperti pelaksanaan sholat idul fitri namun yang membedakannya adalah bacaan niatnya saja soal bacaan takbiran setelah takbirotul mihram dan setelah melaksanakan sujud kedua pada rakaat awal ketika berdiri serta bacaan tasbihnya, idul fitri dan idul adha itu adalah merupakan dua hari raya terbesar bagi ummat Islam di seluruh dunia tentunya kita sebagai ummat bangga atas kedua hari raya itu.

Dengan alunan takbir itu bisa menggetarkan hati kita sebagai tanda bersyukur kepada Alloh SWT namun tak hanya bacaan takbir saja yang di meriahkan pada malam itu sehingga bunyian bedug, petasan, kembang api juga ikut menyemarakan dimalam lebaran idul fitri dan idul adha yang ke esokan harinya dilaksana sholat sunah secara berjamaah disetiap tempat dengan tata cara sholat idul fitri dan idul adha seperti yang telah di contohkan oleh Rosululloh SWA.

Untuk tata cara bacaan niat dan pelaksanaan sholat idul fitri dan idul adha itu sama saja tidak ada bedanya namun kalau dengan cara pelaksanaan sholat fardhu itu ada perbedaannya seperti pada bacaan niat sholat idul fitri setrta idul adha juga pada bacaan takbir sesudah takbitotul ihram 7 kali bacaan takbir dengan membacakan tasbih di antara lafadz takbir ada rakaat pertama dan membaca 5 kali takbir pada rakaat kedua sebelum membaca fatihah untuk lebih jelasnya tata cara bacaan niat dan lafadz takbir sholat Idul Fitri serta Idul Adha bisa anda simak sperti di bawah ini:

Bacaan Niat Dan Tata Cara  Lafadz Takbir Sholat Idul Idul Adha Lengkap

Niat Sholat Sunah Idul Adha sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala


Niat Sholat Sunah Idul Adha sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL ADHAA ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

Niat Sholat Sunah Idul Fitri sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala


Niat Sholat Sunah Hari Raya Idul Fitri sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Tata Cara Shalat 'Ied (Sholat Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha)

Shalat Idul Fithri dan Idul Adha dilaksanakan dengan dua raka’at secara berjamaah ataupun sendirian namun kalau di berjamaahkan sesudah melaksanakan sholat harus di akhiri dengan khutbah dua seperti halnya khutbah jumat.

Adapun tata caranya pelaksanaak sholatnya adalah sebagai berikut.

1. Memulai dengan takbiratul ihrom, sebagaimana shalat-shalat lainnya.
2. Mebaca takbir (takbir zawa-id/tambahan) sebanyak 7 x takbir -selain takbiratul ihrom- sebelum memulai membaca Al Fatihah
3. Di antara takbir-takbir (takbir zawa-id) yang ada tadi tidak ada bacaan dzikir tertentu. Namun ada sebuah riwayat dari Ibnu Mas’ud, ia mengatakan, “Di antara tiap takbir, hendaklah menyanjung dan memuji Allah.” Syaikhul Islam mengatakan bahwa sebagian salaf di antara tiap takbir membaca bacaan berikut:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH WA LAA ILAHA ILLALLAH WALLAHU AKBAR. ALLAHUMMAGHFIRLII WAR HAMNII

Artinya :Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Allah, ampunilah aku dan rahmatilah aku.


4. Membaca Al Fatihah, dilanjutkan dengan membaca surat lainnya. Surat yang dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah surat Qaaf pada raka’at pertama dan surat Al Qomar pada raka’at kedua. Ada riwayat bahwa ‘Umar bin Al Khattab pernah menanyakan pada Waqid Al Laitsiy mengenai surat apa yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika shalat ‘Idul Adha dan ‘Idul Fithri. Ia pun menjawab

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca “Qaaf, wal qur’anil majiid” (surat Qaaf) dan “Iqtarobatis saa’atu wan syaqqol qomar” (surat Al Qomar).


karena membaca surah sesudah membaca fatihah itu hukumnya sunnah mak bole-boleh saja surat apasaja yang kita hafal

5. Sesudah membaca surat, kemudian melakukan gerakan shalat seperti biasa (ruku, i’tidal, sujud, dst).
6.Bertakbir ketika bangkit untuk mengerjakan raka’at kedua.
7. Setelah itu Kemudian bertakbir (takbir zawa-id/tambahan) sebanyak 5x takbir -selain takbir bangkit dari sujud- sebelum memulai membaca Al Fatihah.
8. Kemudian membaca surat Al Fatihah dan surat lainnya sebagaimana yang telah disebutkan di atas.
9. Mengerjakan gerakan lainnya hingga salam.

Nah itulah yang dapat kami sapaikan pada artikel ini, Tata cara bacaan niat dan lafadz takbir shalat Idul Fitri serta Idul Adha lengkap arab latin serta artinya, namun bukan hanya itu saja yang dapat kami sajikan dalam artikl ini seperti untuk bersilahturahmi kita bisa berbagi Ucapan idul fitri 2019, kata ucapan hari raya idul adha 2018, ucapan tahun baru 2019, gambar DP BBM Bergerak lucu dan masih banyak yang lainnya. semoga dengan adanya artikel ini ada manfaatnya bagi kita semua.

Selain sebagai media informasi islami, kami juga berbagi edukasi tentang kesehatan, anda bisa membacanya pada artikel berikut Informasi Kesehatan dan Keperawatan
Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini : Tuliskan komentar relevan anda dibawah ini dengan jelas & sopan, sesuai dengan topik ulasan mengenai Info Islami Terbaru 2019.

Untuk menghindari spam dan tautan aktif, komentar akan dimoderasi. Dapatkan balasan dari melalui e-mail anda :

Komentar Artikel "Bacaan Niat Dan Tata Cara Lafadz Takbir Sholat Idul Idul dan Adha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel