Niat dan Doa Wudhu Lengkap Dengan Tulisan Arab Latin dan Artinya

Niat dan Doa Wudhu Lengkap Dengan Tulisan Arab Latin dan Artinya

Pada kesempatan ini BacaLagi.ID akan mengulas tentang "" dengan judul artikel "Niat dan Doa Wudhu Lengkap Dengan Tulisan Arab Latin dan Artinya".

Niat Wudhu Lengkap Dengan Tulisan Arab Latin Dan Artinya. Kata Niat dalam bahasa Arab berarti mengingini sesuatu dan bertekad hati untuk mendapatkannya. Dengan kata lain ( Niyyatu ) berarti kehendak atau ( Alqosdu ), yaitu yakinhya hati untuk melakukan sesuatu dan kuatnya kehendak untuk melakukannya tanpa ada keraguan. Sehingga ( Niyyatu ) dan menginginkan sesuatu ( Iroodatulfi`li ) adalah sinonim. Kedua kata tersebut sama-sama digunakan untuk menunjukkan pekerjaan yang sedang terjadi maupun yang akan terjadi.

Sebagian ahkli bahasa menjelaskan arti antara kata ( Niyyatu )dengan kata( ajmu ) Kata ( Niyyatu ) dipergunakan untuk menunjukkan keinginan yang berhubungan dengan perbuatan yang sedang dilakukan, sedangkan kata ( ajmu ) digunakan untuk menunjukkan keinginan yang berhubungan dengan perbuatan yang akan dilakukan.

Gunanya niyyat adalah untuk membedakan antara perbuatan adat dan ibadah, misalnya kita mandi membasahi sekujur tubuh kalau tidak pakai niat itu mandi biasa, tapi kalau pakai niat itu bisa jadi ibadah namanya mandi besar (adus).Nah disini Admin akan menjelaskan niat wudhu dan doa-doa ketika berwudhu supaya wudhu kita jadi ibadah sesuai dengan kaidah niat seperti di atas.

Niat Wudhu Lengkap Dengan Tulisan Arab Latin dan Artinya

Lafadz Niat Wudhu dalam Bahasa Arab Lengkap

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL WUDHUU A LIRAF'IL HADATSIL ASHGHARI FARDHAL LILLAAHI TA'AALAA.

Artinya :Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadas kecil fardu karena Allah Ta'ala

Do'a Membasuh Muka

اللهم بيض وجهى بنورك كما تبيض وجوه أوليائك ولا تسود وجهى بظلماتك يوم تسود وجوه أعدائك

"Allohumma bayyid wajhii binuurika yauma tabyadhu wujuhu auliyaaika, walaa taswaddu wajhii baduluumatika yaumu taswaswaddu wujuuhu a'daaika

Artinya: Ya Alloh, putihkanlah wajahku dengan cahaya-Mu, seperti engkau akan memberi keputihan kepada para kekasih-Mu (Wali-wali-Mu), dan janganlah kau hitamkan wajahku dengan kegelapan-Mu pada hari dimana Kau hitamkan wajah-wajah musuh-Mu".

Do’a Ketika Membasuh Tangan Kanan

اللهم أعطنى كتابى بيمينى وحاسبنى حسابا يسيرا

Allaahumma a’yinii kitaabii biyaminii waahaasibnii hisaabaan yasiiraa.

Artinya:” Ya Tuhanku,berilah aku kitab (catatan amalku) dari arah tangan kananku dan hisabilah aku dengan mudah (yaitu tidak berbelit-belit).”

Do’a Ketika Membasuh Tangan Kiri.

اللهم إنى أعوذبك أن تعطي كتابى بشمالى ولا من وراء ظهرى

Allohumma innii auudzubika antu'tiya kitaabii bisyimaalii walaa min warooi dhohrii
Atau ada yang ini:

اللهم لا تعطي كتابى بشمالى ولا من وراء ظهرى

Allaahumma laatu’thinil kitaabiii bi syimaalii wa laa min waraa-i dhahri

Artinya: ” Ya Tuhanku ِ aku memohon perlindungan pada-Mu,janganlah Engkau berikan kitab (catatan amal) ku dari arah kiriku dan jaganlah pula dari arah belakangku.”

Do’a Ketika Membasuh Telinga

اللهم اسمعنى القول واتبعنى الحسنة واسمعنى منادي الجنة فى الجنة مع الأبرار

Allaahumma isma’niyalqoula wattabi'niyalhasanat wasma’nii munaadiyal jannati fil jannati ma’al abraari.

Artinya: ”Ya Allah ya Tuhanku, dengarkanlah kepadaku ucaban dan ikutkanlah aku kepada (ucapan) yang baik, dan dengarkanlah kepadaku suara pemangil syurga bersama orang-orang yang berbakti.”

Do,a Menghusap Kepala.

اللهم حرم شعرى ويشرى على النار وادخلنى تحت عرشك يوم لا ذل إلا ذلك

Allaahumma harrim sya’rii ’wa basyarii alan naari wazhillanii tahta ’arsika yauma laazhilla illaa zhilluka.

Artinya: ” Yaa Allah ya Tuhanku,haramkanlah rambutku dan kulitku dari sengatan api neraka,dan naungilah aku di bawah arsy-Mu pada hari tiada naungan kecuali hanya naungan-Mu.”

Do’a Membasuh Kaki Kanan.

اللهم ثبت قدمى على صراطك المستقيم مع أقدم عبادك الصالحين

Allaahumma tsabbit qadamii ’alaash shiraatikal mustaqiimi ma’a aqdaami ibaadikashaalihiin.

Artinya: ”Yaa Allah, yaa Tuhanku,tetapkanlah tumuitku diatas titian yang lurus bersama tumit hamba-hamba-Mu yang shaleh.”

Do’a Membasuh Kaki Kiri.

اللهم إنى أعوذ بك أن تجل قدمى على صراط فى النار يوم تجل الأقدام الكافرين

Allaahumma inni aa’udzubika antazilla qadamii ’alaa shiraati fiin naari yauma tazillal aqdamul kaafiriina.

Artinya: ”Yaa Allah yaa Tuhanku,sesungguhnya aku-berlindung kepada-Mu dari keterpelesetan tumuitku dari atas jalan neraka,pada hari dikala terpeleset tumit orang-orang kafir.”

Itulah yang dapat Admin publikan dalam artikel ini mengenai Niat Wudhu Lengkap Dengan Tulisan Arab Latin Dan Artinya, begitu juga kami telah menyajikan niat mandi wajib dan niat niat yang lainnya. Semoga ada manfaatnya bagi kita semua. Amiiin.

Selain sebagai media informasi islami, kami juga berbagi edukasi tentang kesehatan, anda bisa membacanya pada artikel berikut Informasi Kesehatan dan Keperawatan

Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini : Tuliskan komentar relevan anda dibawah ini dengan jelas & sopan, sesuai dengan topik ulasan mengenai Info Islami Terbaru 2019.

Untuk menghindari spam dan tautan aktif, komentar akan dimoderasi. Dapatkan balasan dari melalui e-mail anda :

Komentar Artikel "Niat dan Doa Wudhu Lengkap Dengan Tulisan Arab Latin dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel