20 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan dan Perawatan Terbaik

20 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan dan Perawatan Terbaik

Selamat datang kembali di BacaLagi.ID. BacaLagi.ID adalah media online Indonesia yang diluncurkan pada bulan Maret 2015. Kami berkomitmen menyajikan konten berkualitas yang bermanfaat, menginspirasi, sekaligus menghibur. Ulasan kami terdiri dari berbagai topik: gaya hidup, perjalanan, review hotel, hiburan, tempat wisata, kuliner, tips kesehatan, dan perawatan, inspirasi, dan motivasi.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas artikel yang berjudul : 20 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan dan Perawatan Terbaik.

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan - Buah tin merupakan buah yang kaya akan gizi karena mengandung molekul gula, vitamin serta mineral. Buah tin sering digunakan untuk produksi susu, sedangkan bagi orang Arab, mereka sering merebus daun tin sebagai obat untuk mengatasi nyeri menstruasi. Khasiat buah tin ini dihasilkan dari kandungan nutrisinya. Sejumlah nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, zat besi dan kalsium ada di dalam buah tin.
20 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan
Tin atau Ara (Ficus carica L) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara / pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "pohon ara umum"), sebenarnya masih termasuk kerabat pohon beringin dari dari genus yang sama, yaitu Ficus.

Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hingga Afganistan. Sekarang dibudidayakan pula di Australia, Cile, Argentina, serta Amerika Serikat. Habitus berupa pohon, besar dan dapat tumbuh hingga 10m dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya. Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran panjang tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Beberapa kultivar berubah warna menjadi ungu jika masak. Getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit.

Oleh karena itu buah tin sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat buah tin yang patut diketahui.

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan dan Perawatan

Inilah selengkapnya dari manfaat buah tin untuk kesehatan yaitu sebagai berikut:

1.    Manfaat Buah Tin Sebagai Anti Bakteri, Virus dan Jamur

Buah tin mampu membunuh bakteri pengganggu kesehatan. Kandungan buahnya dapat membunuh mikroorganisme yang bisa menyebabkan virus dan jamur.

2.    Manfaat Buah Tin Untuk Program Diet

Cocok untuk orang-orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Menambahkan manfaat apel dan buah tin, dapat menjadi cemilan enak saat diet.

3.    Manfaat Buah Tin Untuk Pembentukan Sel Darah Merah

Memicu pembetukan sel darah merah (hemoglobin) sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita anemia. Selain itu, peningkatan darah merah juga mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan.

4.    Manfaat Buah Tin Untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Tidak hanya manfaat buah pepaya yang mampu memperlancar pencernaan, namun buah tin juga dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

5.    Manfaat Buah Tin Untuk Mencegah Resiko Penyakit Jantung

Kandungan omega 3 dan kalium, mencegah terjadinya jantung koroner. Zat kalium ini juga banyak terdapat pada manfaat pisang dan manfaat mangga.

6.    Manfaat Buah Tin Untuk Mencegah Keropos Tulang

Kandungan kalsiumnya sama seperti manfaat susu yang akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah tin bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.

7.    Manfaat Buah Tin Untuk Mengobati Asam Urat

Memperkuat tulang dan sendi sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita asam urat. Maka dari itu, konsumsilah buah tin ini.

8.    Manfaat Buah Tin Untuk Mengobati Penyakit Asma

Buah tin ini dapat bermanfaat juga untuk membantu pernapasan bagi penderita asma. Nah, jika ingin segera sembuh konsumsilah buah tin ini.

9.    Manfaat Buah Tin Untuk Menjaga Tekanan Darah

Buah tin ini memang banyak manfaatnya yang salah satunya dapat diandalkan untu menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga menghindari resiko darah tinggi.

10.    Manfaat Buah Tin Untuk Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Penyakit kanker memang meatikan sekali, namun hal itu semua dapat Anda kurangi hanya dengan mengkonsumsi buah tin karena buah tin ini dapat bermafaat untuk mengurangi resiko kanker prostat karena mengandung coumarin.

11.    Manfaat Buah Tin Untuk Pengganti Susu

Buah tin mengandung kalsium yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pengganti susu bagi penderita alergi produk susu. Hal ini sama seperti manfaat susu kedelai yang dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi.

12.    Manfaat Buah Tin Untuk Membantu Tidur

Buah tin dapat membuat tidur lebih nyenyak dan menghindarkan insomnia karena kandungan trytophan. Seperti yang terdapat pada manfaat coklat.

13.    Manfaat Buah Tin Untuk Mengurangi Kolesterol

Dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah karena mengandung pektin. Zat ini dapat menurunkan lemak yang terkandung dalam karena mengandung trigliserida.

14.    Manfaat Buah Tin Untuk Penangkal Tumor

Mengandung benzaldehid serta fenol yang berkhasiat sebagai zat penangkal tumor. Nah, jika Anda tidak ingin terkena tumor, maka konsumsi segera buah tini ini ok.

15.    Manfaat Buah Tin Untuk Mengontrol Gula Darah

Serat yang terdapat dalam buah tin berguna untuk memperlambat penyerapan gula atau glukosa pada usus kecil. Buah tin juga mampu mengontrol kandungan gula darah karena mengandung fruktosa.

16.    Manfaat Buah Tin Untuk Mengobati Luka

Caranya cukup mudah, masak buah tin kering hingga mandidih, lalu dicampur dengan susu. Setelah masak, dinginkan ramuan bauh tin ini, kemudian balut bagian luka dengan mengoleskan ramuan ini.

17.    Manfaat Buah Tin Untuk Merawat Kulit Wajah

Buah tin dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Rutin mengkonsumsi buah tin ini, cukup dihaluskan dan dijadikan masker untuk perawatan kulit wajah.

18.    Manfaat Buah Tin Untuk Pengganti Gula

Rasa manis asli dari buahnya, sering digunakan sebagai sumber bahan makanan yang kerap digunakan untuk menggantikan gula.

19.    Manfaat Buah Tin Untuk Obat Usus dan Lambung

Pengobatan usus dan lambung ini dibuat dengan, 6 buah tin yang dipotong-potong. Kemudian campurkan manfaat minyak zaitun dan potongan jeruk nipis. Setelah tercampur rata, diamkan selama semalam. Setelah itu ramuan ini siap untuk diminum.

20.    Manfaat Buah Tin Untuk Menjaga Kesuburan

Buah tin mampu meningkatkan sperma dan kesuburan bagi seseorang karena mengandung anti oksidan yang sangat tinggi. Anti oksidan tersebut lah yang berperan melindungi asam lemak sperma dan menghindarkan dari kerusakan.

Buah tin mempunyai dua jenis yaitu buah tin kering dan basah, yang membedakan keduanya yakni pada kandungan kalorinya. Buah tin kering mengandung lebih banyak kalori daripada buah tin basah. Seorang profesor dari Amerika Serikat mengatakan bahwa buah tin tidak mengandung kolesterol dan lemak.

Buah tin mengandung serat, kalium dan zat besi yang tinggi. Dalam 10 gram buah tin terdapat lebih dari 20 % serat, berjenis serat larut. Serat larut dapat menjaga kadar gula dalam darah serta mengurangi kadar kolesterol. Sedangkan serat tidak larut dapat mencegah kanker pada usus besar. Serat yang terkandung dalam buah tin juga bermanfaat untuk menyuburkan sistem reproduksi baik pria maupun wanita.

Itulah informasi dari Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan yang bisa Anda ketahui dan dapatkan. Kalau begitu sekian dulu nie postingan dari "Tips Kesehatan dan Kecantikan" jangan lupa klik suka dan bagikan yaa.. 

Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat artikel yang di berikan oleh Tips Kesehatan dan Kecantikan ini, Sampai jumpa dipostingan Artikel berikutnya ya.
Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini
Selanjutnya cek e-mail anda untuk verifikasi.

Silahkan tuliskan komentar relevan Anda dengan jelas dan sopan, sesuai dengan topik postingan tentang "" pada halaman dibawah ini.

0 Response to "20 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan dan Perawatan Terbaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel