Mau Rezeki Berkah TIAP HARI? Jagalah 7 Sunnah Nabi Ini

Mau Rezeki Berkah TIAP HARI? Jagalah 7 Sunnah Nabi Ini

Selamat datang kembali di BacaLagi.ID. BacaLagi.ID adalah media online Indonesia yang diluncurkan pada bulan Maret 2015. Kami berkomitmen menyajikan konten berkualitas yang bermanfaat, menginspirasi, sekaligus menghibur. Ulasan kami terdiri dari berbagai topik: gaya hidup, perjalanan, review hotel, hiburan, tempat wisata, kuliner, tips kesehatan, dan perawatan, inspirasi, dan motivasi.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas artikel yang berjudul : Mau Rezeki Berkah TIAP HARI? Jagalah 7 Sunnah Nabi Ini.

Enaknya kalo tiap hari rezeki lancar.

  • Orang beriman yang cerdas itu adalah orang yang tau dan mampu mengelola hidupnya agar umurnya yang singkat ini memberi kontribusi nyata pada hidup abadinya kelak di akhirat nanti. Sekedar tau tapi tak mampu apalagi gak mau melaksanakannya ya..gak ngefek. Tau, mampu dan mau... itu yang penting.
  • Kita hidup buat siapa sih? Ya.. buat Allah, yang Maha Hidup. Kita musti menyembah dan mengabdi pada Allah. Kalo kita hidup menyembah harta, menyembah orang, menyembah jabatan wah.. kita salah jalan. Kudu banting stir balik ke jalan yang bener. Itu sebabnya kita kudu sholat tepat waktu, agar setelah shalat kita ditunjukin jalan yang bener... Kalo masih juga menyimpang artinya sholat kita gak bener, asal komat kamit dan nunggang nungging gak jelas aja.
  • Begitu keserempet bajaj dikit aja, nyumpahin si tukang bajaj gak selamat. Udah gitu baru nyadar kalo tadi keserempet dan nyawa dicabut, udah deh..tamat sudah kisah kita. Langsung deh jadi takut mati.
  • Rasulullah udah nunjukin ke kita, gimana supaya hidup kita lempeng, enak, nyaman dan rezekinya mudah.. baca yuk !

Rezeki berkah tiap hari.

  • Semua pasti pengen rezekinya lancar, kalo perlu tiap hari biar hidup rasanya indah, nyaman, bahagia... Apa yang diajarkan oleh Rasulullah?

PERTAMA
Tahajud
  • Sesibuk apapun kita setiap hari, luangkan waktu untuk melapor sama Allah di tengah malam sepi, dengan cucuran air mata di atas sajadah. Apapun kejadian pada hari itu laporkan sama Allah, susah, senang, bahagia, sedih. Kalo ada yang diminta bilang langsung sama Allah. Dia yang punya dunia, akan diberi pada sesiapa yang Dia kehendaki. 
  • Coba kalo ada anak buah yang senantiasa laporan sama bosnya, apapun kejadian di kantor, pasti selalu diingat sama bos? Bukankah memang itu tugas anak buah, laporan?? Apalagi seorang hamba pada Khaliknya?
  • Allah bukannya gak tau kejadian apa yang menimpa kita seharian itu, Dia Maha Tahu. Tapi Allah seneng kalo hambaNya datang secara langsung melaporkan dan memohon kemudahan dalam menjalani hidupnya.
  • Bacalah hadits di bawah ini :


  • Tahajud itu ibadah penting, surga aja di kasi apalagi rezeki? Semua itu kecil bagi Allah. Rasulullah aja sholat tahajudnya rajin, karena itulah kesempatan beliau berkomunikasi sama Allah dengan tenang. Rasul aja yang udah dijamin masuk surga masih rutin shalat tahajud, apalagi kita, yang belum jelas bakal masuk mana, surga atu neraka?
  • Berdasarkan hadits shahih yang diriwayatkan Aisyah, beliau berkata:
    “Rasulullah 
    shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shalat malam atau tarawih setelah shalat Isya’ – Manusia menyebutnya shalat Atamah – hingga fajar sebanyak 11 rakaat. Beliau melakukan salam setiap dua rakaat dan beliau berwitir satu rakaat.” (HR. Muslim)


KEDUA
Baca Al Quran
  • Sebelum terbit matahari, sebelum mulai aktivitas pagi mengejar rezeki yang melelahkan ada baiknya kita memulai hari dengan membaca Al Quran. Daripada cuci mata liat yang haram, mending cuci mata yang bermanfaat. Bukankah kita meyakini kalau Al Quran adalah pedoman hidup kita? Al Quran adalah petunjuk yang bisa memberi arah menuju jalan keselamatan. Biasanya kalo kita beli barang elektronik disertakan buku panduan atau manualnya. Sebelum make alat itu pasti terlebih dahulu kita baca buku petunjuknya/manualnya, biar gak salah mengoperasikan...
  • Buku manual elektronik aja kita baca, masa' panduan hidup kita biarkan berdebu di sudut lemari? Pantas saja selama ini rezeki kita gak karuan, wong hidup kita gak jelas arahnya, gak jelas ngelakuin apa, gak keruan niatnya, karena petunjuk hidup dari Allah gak dibaca !!
  • Kenapa orang di luar sana pada bakar Al Quran? Coba kita tanyain ama diri sendiri, jangan bisanya cuma marah, ngumpat dan minta ditangkap pelakunya. Mungkin selama ini kita gak memperlakukan Al Quran sebagaimana seharusnya. Kita gak membacanya, apalagi mengamalkannya. Kita hanya memajangnya kemudian melupakannya. Kalo ada orang yang menghinanya kita langsung marah. Kita aja gak menghargai Al Quran apalagi orang non muslim / kafir?

  • Allah bakal ngangkat DERAJAT kita karena Al Quran. Orang yang diangkat derajatnya /martabatnya, rezekinya bakal diangkat juga gak? Ya.. udah pastilah !

KETIGA 
Makmurkan mesjid.

  • Memakmurkan mesjid maksudnya jangan bikin mesjid merana. Datangin tuh mesjid buat jamaah, baca Al quran, ikuti pengajian. Jangan pelit sumbang itu mesjid agar aktivitasnya bisa berjalan lancar, listrik dan airnya terbayar. 
  • Kalo mau rezeki berkah tiap hari, jangan tinggalkan mesjid utamanya shalat subuh. Mulai hari dengan menghadap Allah di rumahNya. Sebelum melangkah kemanapun, langkahkan kaki ke mesjid dulu, karena mesjid merupakan pusat keberkahan.
  • Yang memanggil Allah lho, bukan muadzin yang ngajak kita menuju kemenangan.. Jangan cuma bisanya ngamuk saat mesjid mau digusur. Mungkin yang non muslim ngeliat mesjidnya gak kepake ama kita kali'! Paling cuma sekali seminggu dipake shalat Jumat. Daripada nganggur mending digusur aja...

KEEMPAT
Shalat Dhuha
  • Jangan lupa mulai hari dengan shalat dhuha, karena keberkahan rezeki itu ada pada shalat dhuha. Bayangkan kalo tiap hari kita mengutamakan Allah sebelum memulai aktivitas lewat shalat dhuha, Allah juga bakal ngutamain kita saat bagi rezeki.

KELIMA 
Sedekah.

  • Jaga sedekah tiap hari. Bukankah sedekah melancarkan rezeki? Dalam rezeki kita ada hak orang lain. Kalo kita tahan hak itu, yakin deh bakalan balik ke kita dalam bentuk kesusahan. 
  • Mata uang itu bahasa Inggrisnya adalah currency yang artinya ngalir. Jadi uang kudu dialirkan (disedekahkan) pada pihak-pihak yang layak diberi. Bagaikan air mengalir yang segar dan jernih. Coba bayangkan kalo air tergenang, selokan mampet, airnya jadi keruh, kotor, tempat nyamuk bersarang, bau dan gudang penyakit.
  • Sedekah gak mesti nunggu ikhlas. Karena kalo nunggu ikhlas ntar gak sedekah, alasannya gak ikhlas kan percuma amalannya, bukankah ngelakuin apa aja mesti ikhlas? Bener sih. Tapi ukuran keikhlasan itu Allah yang menilai bukan manusia.. Jadi sedekah gak perlu nunggu ikhlas, lakukan aja ! Amal buruk aja dibalas apalagi amal baik?

KEENAM
JAGA WUDHU.

  • Kira-kira kalo ketemu orang baru trus dia keliatan bersih, seger, wangi enak diliat gak? Pasti enak. Begitu juga sama Allah. Allah suka dan menyayangi hamba yang kekal berwudhu. 
  • Khalifah Ali berkata :
  • Orang yang selalu suci dan menjaga wudhunya harapannya juga tingkah lakunya terjaga. Kan gak ada orang yang sudah wudhu trus jalannya ke tempat maksiat? Orang yang perbuatannya terjaga, pasti disukai Allah. Kalo Allah suka, gimana rezekinya gak lancar jaya?

KETUJUH
SELALU ISTIGHFAR

  • Ada yang yakin kalo dirinya bersih dari dosa setiap hari gak? Gak ada orang yang bersih dari dosa, karena manusia tempatnya salah dan khilaf. Itu sebabnya mulut kita gak boleh berhenti beristighfar, mohon ampun atas dosa-dosa kita baik yang gak disengaja apalagi yang disengaja..
  • Istighfar itu adalah pengakuan kelemahan kita sebagai manusia yang suka salah, yang suka melenceng dan pengakuan atas kebesaran Allah yang selalu sudi menerima taubat kita meski dosa kita sebanyak buih di lautan.
  • Jika mau rezeki berkah setiap hari, jaga lisan agar senantiasa beristighfar pada Allah.

 Itulah tujuh sunnah nabi yang jika dilakukan bisa membuat rezeki berkah datang mengucur setiap hari. Insya Allah...

Wallahu alam..

Untuk mendapat notifikasi setiap artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini
Selanjutnya cek e-mail anda untuk verifikasi.

Silahkan tuliskan komentar relevan Anda dengan jelas dan sopan, sesuai dengan topik postingan tentang "" pada halaman dibawah ini.

0 Response to "Mau Rezeki Berkah TIAP HARI? Jagalah 7 Sunnah Nabi Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel