Tips Merawat Kulit Muka yang Sensitif Secara Alami - BacaLagi

Tips Merawat Kulit Muka yang Sensitif Secara Alami

Selamat datang kembali, BacaLagi.ID adalah media online indonesia yang diluncurkan pada bulan maret 2015, dan berkomitmen memberikan informasi bermanfaat, memotivasi, menginspirasi, sekaligus menghibur dengan konten yang relevan dan berkualitas.
Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang terbaru, dengan judul artikel "Tips Merawat Kulit Muka yang Sensitif Secara Alami".
Tips Merawat Kulit Muka yang Sensitif - Siapa bilang memiliki kulit yang sensitif membutuhkan perawatan yang sulit? Banyak dari kita merasa, bila memiliki kulit yang sensitif membuat kita mengalami kesulitan untuk merawat dan menjaga kecantikan kulit yang sensitif. Menurut penuturan dari Dr. Eddy Karta Sp. KK, kulit yang sensitif memberikan respons yang berlebih pada perubahan suhu dan penggunaan bahan kosmetik yang menggangu kesehatan pada kulit.
Jenis Kosmetik yang Merusak Kulit Anda Muka dan Tips Merawat Kulit  Muka yang Sensitif Secara Alami

Jenis Kosmetik yang Merusak Kulit Anda

Beberapa jenis kosmetik mungkin saja memiliki kandungan bahan aktif yang tidak bisa diterima oleh kulit. Selain itu, penggunaan kosmetik dalam porsi yang berlebihan atau pemakaian dalam jangka waktu yang terlalu panjang juga dapat memicu kulit menjadi sensitif.

Perubahan kulit. Anda yang berkulit normal, jangan senang dulu. Sebab, tidak menutup kemungkinan kondisi kulit yang normal akan mengalami perubahan menjadi sensitif. “Ini terjadi jika kita terlalu sering berlebihan menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan yang bersifat mengangkat sel kulit sehingga lapisan kulit lambat laun akan bertambah tipis,” papar kosmetolog Juliana Yu dari House of Skinnovation.

Sinar UV dan bahan makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab kulit sensitif . Pada saat kulit terbakar matahari, pembentukan struktur kolagen pada kulit menjadi tidak sempurna. Begitu juga dengan pigmen dan melanin kulit yang membuat proses penuaan terjadi lebih awal sehingga kulit menjadi sensitif.

Alergi! Sensitivitas kulit sering kali muncul pada saat kita mengonsumsi bahan makanan tertentu. Kondisi ini dipicu oleh adanya penolakan tubuh atau alergi terhadap makanan tersebut. Misalnya, makanan pedas, makanan atau minuman dengan kandungan ragi, cokelat, cuka, kafein, atau alkohol.

Tipe kulit secara umum dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu kulit normal, kering, berminyak dan sensitif. Beberapa orang juga bisa memiliki tipe kulit kombinasi di beberapa area kulitnya.
Walaupun begitu, tipe atau jenis kulit dapat berubah seiring dengan waktu dan usia. Perubahan tersebut juga bisa dipengaruhi oleh genetik dan penyakit serta pengobatan yang dilakukan seseorang.

Tipe-Tipe Kulit untuk Anda Ketahui

Inilah tipe-tipe kulit yang dapat Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

1. Tipe Kulit Dapat Berbeda-Beda Karena Faktor-Faktor
Inilah tipe kulit dapat berbeda-beda karena faktor-faktor yaitu awbagai berikut:
•    Kadar air, yang mempengaruhi tingkat elastisitas dan kenyamanan kuit.
•    Kadar minyak, yang mempengaruhi kelembutan kulit.
•    Tingkat sensitifitas kulit.

2. Tipe Kulit Normal
Kulit normal adalah jenis kulit yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Tipe ini memiliki ciri sebagai berikut:
•    Tidak terlalu sensitive.
•    Nyaris tak tampak pori-pori.
•    Warna kulit yang bercahaya/berseri.
•    Sangat sedikit flek atau kecacatan lain pada kulit.
Jenis kulit normal adalah yang paling mudah perawatannya.

3. Tipe Kulit Kering
Kulit kering adalah tipe kulit yang kurang akan kelembaban alami. Sangat sedikit minyak yang bisa melindungi dan mempertahankan kelembaban di permukaan kulit.
Ciri umum yang tampak pada tipe kulit kering antara lain:
•    Pori-pori umumnya tidak kelihatan.
•    Permukaan kulit yang kusam atau kasar.
•    Bercak merah.
•    Kurang elastis.
•    Terlihat lebih banyak garis-garis pada kulit

Bila terpapar oleh faktor-faktor yang dapat mengeringkan kulit, kulit ini bisa menjadi retak, mengelupas, terasa gatal, iritasi hingga terjadi peradangan. Jika kulit anda sangat kering, kulit anda sangat mudah tampak kasar dan bersisik, khususnya pada area punggung, tangan, lengan, dan juga kaki.

4. Tipe Kulit Berminyak
Kulit berminyak dicirikan dengan kadar minyak yang berlebihan pada kulit, khususnya pada wajah. Tipe kulit ini bahkan akan berminyak hanya beberapa jam setelah mandi atau membersihkan wajah.

Kulit berminyak bisa jadi bersifat genetik (diturunkan), tetapi bisa juga disebabkan oleh pubertas, yang mengakibatkan kelenjar minyak memproduksi sebum secara berlebihan. Selain itu, kulit berminyak dapat disebabkan oleh stres dan terpapar oleh panas atau suhu yang terlalu lembab.
Kadar minyak berlebih biasanya tampak pada “T-zone” di wajah, seperti dahi, hidung dan dagu. Ciri lain dari kulit berminyak adalah berupa pori-pori yang tampak besar, kulit yang kusam dan mengkilat, serta keberadaan komedo dan jerawat.

Hmms, kalau difikir-fikir dampak dari pemakaian kosmetik secara berlebihan ternyata berbahaya juga lho bagi kesehatan kulit kita. Ok, kembali pada TOPIK pembahasan berita sehat lengkap yaitu Tips Merawat Kulit yang Sensitif. Apa sih Tipsnya? 

Tips Merawat Kulit yang Sensitif

Simak penjabaran dibawah ini mengenai tips merawat kulit yang sensitif yaitu sebagai berikut:

1. Dengan Garam
Harganya tidak terlalu mahal dan tentunya rasanya Asin,, Hehe namanya juga Garam (just Kidding yya) Tapi jangan remehkan khasiat dari garam lho ... para pembaca setia site "Berita Sehat Lengkap" yaitu menggunakannya sebagai LULUR, dengan cara mengoleskannya kebagian kulit dan membasuhnya dengan Air hangat, bukan hanya kulit yang terasa segar akan tetapi Garam juga mampuh melancarkan sirkulasi peredaran darah.

Bagaimana pengunjung serta pembaca setia site "berita sehat lengkap" mudah bukn cara merawat kulit yang yang sensitif?

Kalau begitu sekian dulu nie postingan dari berita sehat lengkap mengenai Tips Merawat Kulit yang Sensitif, jangan lupa klik suka dan bagikan ya.

Semoga artikel Jenis Kosmetik yang Merusak Kulit Anda Muka dan Tips Merawat Kulit  Muka yang Sensitif Secara Alami dapat bermanfaat untuk semuanya. Amin. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat, sampai jumpa dipostingan artikel berikutnya ya.

Ikuti sosial media official BacaLagi.ID :


Hashtag : tips kecantikan, perawatan wajah, kesehatan kulit, tips perawatan, perawatan tradisional, cara merawat wajah, perawatan wajah alami, perawatan rambut.
Untuk mendapatkan notifikasi artikel terbaru, masukkan e-mail anda disini
Selanjutnya cek e-mail untuk tahap verifikasi.

Jika berkenan untuk memberi tanggapan tentang artikel diatas, silahkan tuliskan komentar relevan anda dengan jelas dan sopan, pada kolom yang telah disediakan di bawah ini.

Belum ada komentar untuk artikel "Tips Merawat Kulit Muka yang Sensitif Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2