• Breaking News


    Senin, 24 Oktober 2016

    Apa Itu Google Allo Dan Google Duo ? Mari Mengenal Aplikasi Chatting Terbaru Untuk Android


    Apa Itu Google Allo Dan Google Duo ? Mari Mengenal Aplikasi Chatting Terbaru Untuk Android - Pada Event Google I/O 2016 yang diselenggarakan di San Fransisco Amerika beberapa waktu lalu, aplikasi chatting Google Allo menjadi salah satu menu andalan yang cukup banyak menarik perhatian peserta event. Hal ini tidak terlepas dari besarnya upaya yang ditempuh oleh pihak pengembang Google dalam menciptakan aplikasi pesan instan yang satu ini.

    Seperti diketahui persaingan Aplikasi Chatting saat ini semakin membara. Mulai dari developer yang masih berstatus startup hingga perusahan-perusahaan teknologi digital yang telah mendunia, semua seakan berkompetisi untuk menciptakan inovasi terbaru mereka yang tertuju pada Aplikasi Chatting. Bisa jadi karena tidak mau kalah, Google menghadirkan dengan aplikasi buatannya yaitu Google Allo yang mengedepankan keamanan percakapan.
    Google dengan menggandeng yang fokus di keamanan sistem digital, Open Whisper System, project Google Allo yang terus berupaya untuk dapat menembus persaingan Aplikasi Chatting dengan Kekuatan dan Kelebihan yang ditawarkannya.
    Dalam Project ini, Open Whisper Sysem, mengambil peran dalam pengembangan Incognito Mode yang memungkinkan para pengguna dari Google Allo untuk saling mengirim pesan dengan aman dan terenkripsi oleh teknologi yang sangat canggih. Mengenai teknologi enkripsi tersebut, menggunakan integrasi Signal Protokol yang dapat memastikan keamanan dengan level super tinggi dalam mentransfer pesan antar pengguna.
    Terdengar dan Terlintas dari banyak sumber terpercaya yang telah saya telusuri bahwa Google Allo menggunakan teknologi yang sama dengan WhatsApp. Terkait dengan teknologi Integrasi Signal Protokol, faktanya teknologi pengaman yang satu ini juga digunakan oleh aplikasi chatting yang sangat populer didunia dengan pengguna nya mencapai 1 Miliar (Hebat), Bahkan ketika mengembangkan lebih lanjut Fitur Keamanan Deskripsi yang telah selesai, faktanya pihak Developer WhatsApp juga menggandeng Open Whisper System sebagai rekanan.

    Terkait dengan hal ini, Developer WhatsApp telah menyatakan implementasi enkripsi yang diterapkan pada aplikasinya secara umum berbeda dengan yang telah diterapkan pada aplikasi WhatsApp. Pasalnya, pada aplikasi WhatsApp pengguna tidak mempunyai pilihan untuk menonaktifkan fitur pengamanan enkripsi karena akan bekerja secara default. 

    Fitur Unggulan Justru Menimbulkan Celah Keamanan
    Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa ahli jaringan Edward Snowden menyatakan bahwa saat ini aplikasi Google Allo masih cukup rentan untuk digunakan utamanya bagi mereka yang menginginkan keamanan percakapan tingkat tinggi. Yang unik adalah, celah keamanan yang ditemukan Snowden, justru muncul dari keputusan pengembang yang memberikan pilihan bagi pengguna untuk mengaktifkan fitur keamanan secara manual.

    Dalam sebuah tweet di akun Twitter pribadinya, Snowden bahkan menyarankan bagi pengguna untuk tidak menggunakan terlebih dahulu aplikasi Google Allo, setidaknya sebelum pihak pengembang melakukan perbaikan.

    “Keputusan Google untuk menonaktifkan enkripsi end to end secara default pada aplikasi chatting  baru Google Allo sangat berbahaya dan membuat aplikasi ini tidak aman. Hindari aplikasi tersebut untuk saat ini.” cuit Snowden.
    Google Allo adalah aplikasi messaging yang dibuat Google dengan basis nomor telepon di ponsel kamu. Pengguna tinggal meng-install aplikasi ini dan menyapa teman atau kerabat yang sudah meng-install-nya juga. Kelebihan utama Allo, dikutip dari Macmac, adalah mendukung matching learning.


    Salah satu penerapannya adalah metode Smart Reply yang sebelumnya ada di Inbox by Gmail. Fitur ini akan membuat pengguna bisa membalas pesan yang masuk tanpa mengetik. Caranya, Allo akan memberikan prediksi jawaban berdasarkan pesan atau gambar yang kamu terima. Ketika teman kamu mengirim gambar makanan, misalnya, kamu dapat menekan beberapa pilihan jawaban, seperti mengatakan bahwa itu adalah makanan yang enak atau hal lainnya.

    Fitur lain Allo adalah integrasi dengan Google Assistant. Bagian ini dapat membantu kamu melakukan banyak hal tanpa meninggalkan sesi diskusi atau chat bersama teman atau grup. Misalkan melihat peta, mencari restoran favorit, atau mengecek kalender dengan cepat atau membuka video YouTube yang ingin ditonton bersama teman.

    Dalam fitur pembeda dari Hangouts, Allo kabarnya akan memberikan Anda kemampuan untuk menghapus pesan yang dikirim atau diterima. Demi klarifikasi ini, pesan hanya akan hilang dari riwayat obrolan Anda dan bukan dari yang pengirim atau penerima pesan tersebut. Perlu diingat bahwa semua informasi ini telah terungkap dari membangun uji aplikasi dan versi final mungkin sangat berbeda dalam hal fitur.

    Berikut ini keuntungan, kelebihan dan kekurangan Google Allo.


    Kelebihan :
    1. Smart Assistance
    Whatsapp Hanya Memungkinkan Untuk Chat Dengan Teman Anda Dan Keluarga, poin dimana Allo Membawa Keuntungan lebih buat Anda yaitu Anda dapat menggunakan Allo Sebagai Assistance Pribadi Anda, Anda bisa dapatkan info cuaca, berita harian, jokes & games.

    2. Automatic Reply
    Kelebihan Google Allo yaitu Automatic Reply, ini bisa balas otomatis atas nama pengguna, ini belajar kebiasaan Anda bagaimana Anda Lakukan percakapan Anda.

    3. Picture Identification
    Google Allo membantu mengakui pictures dan kirim tanggapan, fitur ini akan menjadi mimpi buruk bagi pengembang Whatsapp.

    4. Advanced Format
    Anda mudah mengubah ukuran font dengan hanya menekan The Send Button Up & Down, yang cukup halus digunakan dan User Friendly.

    5. More Stiker
    Google Allo menyediakan lebih banyak stiker dan GIF, jadi Anda bisa lebih menikmati Chat dengan fitur stiker dan GIF yang banyak.

    Kekurangan :
    Google Allo Google Allo tahap Beta, Jadi App mungkin Kadang-kadang berperilaku suka crash pada saat Anda sedang Chatting. Tersedia hanya untuk iOS & Android PlayStore, tidak pada Windows Phone serta iPad, Tablet, dan lain-lain.

    Google Allo juga memiliki fitur yang dimana tidak dimiliki oleh Aplikasi messaging lainnya, fitur ini membuat mendeteksi capslock yang berlebihan dan otomatis akan diganti menjadi taks biasa. Hal ini Google hadirkan karena Capslock sendiri jarang digunakan oleh kebanyakan orang, dan juga menghindari hal yang tidak penting dengan sebuah kata-kata yang selalu besar.


    Seperti yang sudah kita bahas tentang Aplikasi terbaru buatan Google yaitu Google Allo dan Google Duo, kini saya akan bahas sedikit rincian tentang fitur Google Duo. Apakah akan sama seperti Aplikasi Social Messaging lainnya? mari simak pembahasannya ya.

    Google Duo adalah Aplikasi Video Call yang ternyata sangat berguna dan sangat berbeda dari Aplikasi VIdeo Call lainnya. Nih saya kasih info tentang bedanya Google Duo dengan Aplikasi Video Call lainnya. Google Duo menggunakan akses kamera yang ada pada Gawai kamu, dan jika kamu melakukan panggilan kepada teman kamu, pacar, ataupun keluarga kamu maka yang akan muncul pertama kali adalah live video call kamu yang akan dikirim ke temanmu. Wah agak susah juga nih menjelaskannya, mungkin kamu bisa lihat cuplikan Google Duo pada video dibawah ini :

     

    Sedikit usaha untuk menjelaskan tentang Video Call pada Google Duo, pada Aplikasi video call lainnya apabila kita melakukan panggilan video kepada teman, maka yang akan muncul adalah gambar profilnya. Namun tidak pada Google Duo, karena aplikasi Google Duo akan langsung menampilkan live video yang melakukan panggilan bukan foto profilnya. Hal tersebut membuat kita percaya bahwa yang melakukan panggilan video itu benar-benar orang yang memiliki akun tersebut.


    Bagaimana pembahasan tentang Google Allo dan Google Duo, semoga artikel ini membantu kamu yang ingin berpindah menggunakan Aplikasi messaging yang lebih pintar seperti Google Allo dan Google Duo dan bila ada yang ingin menambahkan informasi mengenai Google Allo dan Duo silahkan ditambahkan pada kolom komentar yang tersedia.


    "Do Not Be Tired To Seek Knowledge And Share Because Everything In The World Is In Need Of Science, If There Is No Science Then We Are Alone With The Dead, Will Not Be Able To Do Anything."

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Seorang Pengunjung Atau Blogger Indonesia Yang Baik Adalah Yang Meninggalkan Jejak Berbentuk Komentar Yang Membangun, Memotivasi, Dan Menambahkan Jika Ada Terdapat Kesalahan Didalam Artikel. Terima Kasih!

    Penulisan markup di komentar

    Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
    Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
    Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
    Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
    Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau
    <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

    TEKNOLOGI

    FAMILY

    Komunitas Blogger Jakarta

    REVIEW