• Breaking News


    Jumat, 28 Oktober 2016

    Galaxy Note 7 Meledak Dan Deretan Gadget Smartphone Ini Heboh Karena Ikutan Meledak

    Galaxy Note 7 Meledak Dan Deretan Gadget Smartphone Ini Heboh Karena Ikutan Meledak - Belum lama ini kita sempat dihebohkan soal meledaknya Samsung Galaxy Note 7 yang baru saja dirilis di pasaran. Meskipun Samsung sudah melakukan recall dan merilis "pengganti" Galaxy Note 7 yang diklaim aman, namun ledakan masih saja terjadi di smartphone Note 7 'Aman' tersebut. Karena kejadian inilah akhirnya produksi dan penjualan Galaxy Note 7 resmi dihentikan.

    Samsung berencana membuat iklan permohonan maaf di Media-media, Langkah itu diambil untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat diseluruh dunia, pembuat smartphone terbesar di dunia, juga berlari " Samsung akan membuat iklan  permohonan maaf dan recall yang belum pernah terjadi sebelumnya,' tutur juru bicara Samsung seperti dilansir Reuters, Rabu (14/9/2016).

    Analis teknologi Rob Enderle dari Enderle Group mengatakan  Samsung mungkin terpaksa untuk "membunuh Galaxy Note 7, dan berpikit akan melompat ke versi berikutnya, Note 8. " Namun tidak akan menarik simpati pasar, karena mereka sudah takut dan krisis kepercayaan terhadap produk (Galaxy Note 7)," kata Rob Sebelumnya Linda Lewis menyebutkan Galaxy Note 7 meledak saat dipegang cucunya. "Anak itu menonton video di handphone ketika baterai meledak," katanya.

    Ya Seenggaknya dalam beberapa tahun terakhir, ada kasus serupa yang memberitahuan dan melaporkan bahwa banyak terjadi smartphone yang meledak. Semua insiden itu menjadi Trending Topic dan kemudian menyudutkan Vendor Raksasa  yang memproduksi smartphone tersebut. Kejadiannya serupa dan mirip yang dialami pada Galaxy Note 7, yaitu Meledak atau Terbakar. Berikut ini Smartphone yang ikut meledak selain Galaxy Note 7.

    Selain Galaxy Note 7, Beberapa Smartphone Dibawah Ini Juga Meledak 

    1. Samsung Galaxy S4


    Sebelum insiden heboh smartphone meledak 2016, yaitu Galaxy Note 7, ada kasus serupa yang pernah juga menimpa produk Samsung pada saat sebelumnya. Salah satunya yang heboh adalah kasus smartphone meledak yang pernah terjadi di Hong Kong 2013 silam. 

    Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, kejadian meledaknya ponsel Samsung Galaxy S4 tersebut dialami oleh pemiliknya yang mengaku bernama Du. Kejadian tersebut akhirnya menghanguskan rumah tempat tinggalnya bersama sang istri. Kejadian tersebut dialaminya ketika dia sedang bermain game, tiba-tiba ledakan keras muncul dari baterai ponsel yang ia mainkan, karena kaget dan panik spontan dia lemparkan Galaxy S4 tersebut ke sofa, dengan cepat api menyambar ke seluruh ruangan.

    Beruntung dia dan istri sempat melarikan diri dan tidak menjadi sampai menjadi korban. Foto hasil kebakaran yang disebabkan Galaxy S4 meledak itu telah ramai beredar di internet. Untunglah Du dan istrinya tidak mengalami luka serius meski ruangannya rusak parah.

    Menurut laporan, dalam kejadian ini Du mengaku menggunakan produk resmi. Samsung Hong Kong telah menerima laporan dan berjanji akan menyelidiki lebih lanjut. Mereka akan melakukan uji reaksi kimia pada puing-puing kebakaran untuk memastikan Du benar-benar pakai produk asli.

    Sebelumnya Apple telah mengeluarkan pernyataan atas insiden iPhone nyetrum saat dicharger hingga bisa menewaskan Ma Ailun pada 11 Juli. Ternyata saat kejadian Ailun menggunakan charger palsu. Apple kemudian mengingatkan bahaya charger palsu yang kerap menyebabkan korslet di website resmi China.

    2. LG G3



    Smartphone meledak bisa saja terjadi tanpa ada sebab dan penyebabnya. Seperti pada kasus yang menimpa pemilik dari ponsel LG G3 ini. Dilansir dari techno.okezone.com, pemilik ponsel tersebut menceritakan kejadian yang dialaminya terjadi secara tiba-tiba. Dia juga yakin bahwa sebelumnya tidak terjadi indikasi yang menunjukan panas yang berlebih pada ponsel yang dimilikinya itu. Sebelum tidur, seperti biasa jika dia meletakkan ponsel miliknya itu diranjang, kemudian dia terbangun pada tengah malam karena tercekik asap yang berasal dari kasur yang terbakar. Karena panik, dia membuang kasur tersebut ke luar jendela beserta ponsel kesayangannya itu.

    Dari beberapa foto yang diunggah, tampak smartphone LG itu hangus terbakar dengan bagian casing yang tampak meleleh dan baterai yang terlihat hitam mengering. Sementara kasur, terlihat rusak dan bolong akibat ledakan ponsel tersebut.

    Seperti dilansir Phone Arena, Sabtu (27/12), Smartphone LG G3 tersebut hanya diletakkan di atas tempat tidur untuk melakukan proses charging, dan tidak diletakkan di bawah selimut. Ponsel tersebut sempat digunakan hanya satu menit sebelum terjadi kebakaran. Pengguna juga melaporkan bahwa tidak ada tanda-tanda seperti ponsel memanas sebelum kejadian berlangsung.
     
    Semua komponen yang terdapat pada perangkat smartphone tersebut itu masih dalam bentuk asli seperti  baterai dan charger resmi buatan LG. Biasanya, peristiwa meledaknya sebuah smartphone akibat ponsel tersebut menggunakan baterai atau charger pihak ketiga dan bukan buatan resmi.

    Seperti kasus sebelumnya pada tahun 2013 lalu, Samsung Galaxy S3 milik gadis bernama Fanny Schlatter disebabkan oleh baterai yang digunakan pada smartphone tersebut bukan milik resmi dari Samsung dan mitra nya. Hingga saat ini, pihak LG belum memberikan informasi terkait masalah terbakarnya Smartphone LG G3 tersebut.

    3. OnePlus One

    Tak lama kejadian smartphone meledak yaitu Galaxy Note 7, kasus serupa juga terjadi pada salah satu pengguna ponsel OnePlus One di China. Dilansir dari Phonearena.com, kejadian ini dialami oleh Gosain, sang pemilik ponsel tersebut menjelaskan bahwa sebelum ponselnya meledak dia meninggalkan ponselnya dalam keadaan pengisian daya selama dua jam sebelum dia tertidur.

    Dia mengaku jika dia tidak menggunakan kabel perangkat lain saat mengisi daya ponsel, ini berarti kasus yang dialaminya berbeda dengan kasus yang banyak terjadi, yang mana meledaknya ponsel terjadi dikarenakan menggunakan kabel pihak ketiga atau masalah cacat pada baterai.

    Insiden ini sempat heboh dan menambah daftar kasus smartphone meledak yang banyak ditemui di negara China.


    My life barely saved @OnePlus_IN @amazonIN @getpeid @oneplus i need an answer , could have burnt me ? pic.twitter.com/UQa7VckiOz - Deepak Gosain (@deepakgosain92) August 22, 2016


    Mengetahui hal ini, pihak OnePlus berniat baik meminta Deepak membawa OnePlus One yang sudah hangus terbakar ke service center untuk diganti yang baru. Pihak OnePlus menawarkan Deepak Gosain OnePlus 3 terbaru, tetapi dia menolak, seperti yang disadur dari Softpedia (26/8/2016).

    Deepak Gosain justru meminta ganti rugi uang yang tidak disebutkan jumlahnya dan sebuah iPhone. Mungkin tindakan Deepak terlalu berlebihan. Meski dia terpukul karena ponselnya rusak, seharusnya dia tak meminta ganti rugi yang terlalu berlebihan. Lagi pula, pihak OnePlus telah berinisiatif menggantinya dengan perangkat baru OnePlus 3.

    Setelah insiden ini, terdapat pengguna OnePlus One lain yang ikut-ikutan melakukan komplain. Namanya Vishwa Talati. Dia juga komplain lantaran OnePlus One miliknya terlalu panas hingga 50.4 °C. Sepertinya, dia takut ponselnya meledak seperti OnePlus One milik Deepak Gosain
     
    4. Iphone 6 dan 6 Plus



    Dilansir dari independent.co.uk, kasus smartphone meledak yaitu iPhone 6 ini dialami oleh Philip Lechter. Pemilik iPhone 6 tersebut tiba-tiba merasakan panas di pahanya, tak lama setelah itu kemudian muncul kepulan asap yang muncul dari saku celana. Akibat kejadian itu Philip dan orang di sekitarnya yang membantu mengalami luka bakar yang cukup serius, Philip sendiri mendapatkan luka bakar tingkat dua pada bagian paha. Padahal ponsel yang baru dia dapatkan dari ayahnya tersebut tergolong masih baru.

    Sebuah Apple iPhone 6 Plus yang dimiliki oleh warga Fresno, Kalifornia, Amerika Serikat, meledak saat pengisian ulang daya baterai. Menurut laporan ABC30, seperti dilansir laman Phone Arena, kejadian yang menimpa pemilik bernama Yvette Estrada itu terjadi pada Kamis malam menuju Jumat pagi.

    IPhone 6 Plus itu terhubung ke adaptor daya yang merupakan bawaan asli dari Apple. Sekitar pukul 03.00 waktu setempat, Estrada terbangun oleh suara keras dan bau plastik terbakar. iPhone tersebut mengeluarkan asap hitam dan tebal. Berdasarkan laporan, Estrada membeli iPhone itu tiga bulan yang lalu. Sehari setelah kejadian, Estrada menelpon pihak Apple dan mengirimkan foto smartphone yang terbakar. Ia pun mendapatkan unit pengganti dari toko Apple setempat.

    5. Xiaomi Mi 4i




    Dilansir dari phoneradar.com, kasus smartphone meledak dari Xiaomi Mi 4i tersebut terjadi secara tiba-tiba di sebuah kantor di India. Didalam rekaman CCTV memperlihatkan jika smartphone tersebut secara mendadak mengeluarkan percikan api lalu kemudian terbakar. Ajay Raj Negi sang pemilik ponsel yang segera menyadari kejadian tak biasa itu langsung berlari menjauhi perangkatnya yang sedang terbakar, kejadian tersebut lantas membuat panik seisi kantor.

    Meledaknya Xiaomi MI 4i bermula ketika pengguna sedang men-charge hp Xiaomi di atas meja kerja. Di atas meja juga terdapat perangkat komputer (PC) yang bersebelahan dengan Xiaomi MI 4i. Baru beberapa saat ponsel di-charge, tiba-tiba ledakan mengagetkan pemilik yang kebetulan berada di depan monitor.

    Sang pemilik Xiaomi MI 4i pun kaget dan segera menjauh dari tempat duduknya. Sebagaian aksesori di sekitar meja kerja pun ikut terbakar, seperti keyboard dan kertas yang menempel di dinding. Untungnya, api ledakan segera dipadamkan oleh salah seorang rekan kerjanya.

    Perlu sobat ketahui, jika kejadian meledaknya hp Xiaomi MI 4i merupakan pertama kalinya, seperti dilansir dari Giz China (27/7/2016). Biasanya, ledakan terjadi karena pengguna menggunakan charger tak resmi. Seperti yang sering terjadi pada Samsung Galax