Waspadai Praktek Riba Yang Terdapat di Sekitar Kita

Riba di sekeliling kita.

Sebelumnya admin sudah pernah menulis tentang riba mengambil alih rezeki kita. Bagaimana pengaruh riba sehingga bisa menenggelamkan rezeki kita. Bagaimana Allah mencabut keberkahan rezeki kita yang diperoleh dari praktek ribawi. Bagaimana orang Arab yang konon pemalas tapi negaranya kaya raya? Riba adalah praktek yang banyak terjadi di sekeliling kita, bisa saja kitapun ikut melakukannya karena ketidak tahuan..

Buat yang masih bingung membedakan antara hutang piutang (qardh) & kerjasama (mudhorobah; musyarokah), silahkan disimak ilustrasi berikut:

A : Gimana kabarnya mbak?
B : Sehat dek, alhamdulillah.
A : Ini saya selain silaturahmi juga ada perlu mbak.
B : Apa apa dek...apa yang bisa ta' bantu.
A : Anu..kalau ada uang 20 juta saya mau pinjam.
B : Dua puluh juta? Banyak sekali. Untuk apa dek?
A : Tambahan modal mbak. Dapat order agak besar, modal saya masih kurang. Bisa bantu mbak?
B : Mmm..mau dikembalikan kapan ya?
A : Insya Allah dua bulan lagi saya kembalikan.
B : Gitu ya. Ini mbak ada sih 20 juta. Rencana untuk beli sesuatu. Tapi kalau dua bulan sudah kembali ya gak apa-apa, pakai dulu aja.
A : Wah, terimakasih mbak.
B : Ini nanti mbak dapat bagian dek?
A : Bagian apa ya mbak?
B : Ya kan uangnya untuk usaha, jadi kan ada untungnya tuh. Naa..kalau mbak enggak kasih pinjem kan ya gak bisa jalan usahamu itu, iya kan?
( sambil tersenyum penuh arti)
A : Oh, bisa-bisa. Boleh saja kalau mbak pengennya begitu. Nanti saya kasih bagi hasil mbak. Besarannya bisa kita bicarakan.
B : Lha, gitu kan enak. Kamu terbantu, mbak juga dapat manfaat.
A : Tapi akadnya ganti ya mbak. Bukan hutang piutang melainkan kerjasama.
B : Iyaa..gak masalah. Sama aja lah itu. Cuman beda istilah doang.
A : Bukan cuma istilah mbak, tapi pelaksanaannya juga beda.
B : Maksudnya??
A : Jadi gini mbak, kalau akadnya hutang, maka jika usaha saya lancar atau tidak lancar ya saya tetap wajib mengembalikan uang 20 juta itu. Tapi jika akadnya kerjasama, maka kalau usaha saya lancar, mbak akan dapat bagian laba. Namun sebaliknya, jika usaha tidak lancar atau merugi maka mbak juga turut menanggung resiko. Bisa berupa kerugian materi→uangnya tidak bisa saya kembalikan, atau rugi waktu→ kembali tapi lama.
B : Waduh, kalau gitu ya mending uangnya saya deposito kan tho dek: gak ada resiko apa-apa, uang utuh, dapat bunga pula.
A : Itulah riba mbak. Salah satu ciri2nya tidak ada resiko dan PASTI untung.
B : Tapi kalau uangku dipinjam si A untuk usaha ya biasanya aku dapet bagi hasil kok dek. 2% tiap bulan. Jadi kalau dia pinjam 10 juta selama dua bulan, maka dua bulan kemudian uangku kembali 10 juta+400 ribu.
A : Itu juga riba mbak. Persentase bagi hasil ngitungnya dari laba, bukan berdasar modal yang disertakan. Kalau berdasar modal kan mbak gak tau apakah dia beneran untung atau tidak. Dan disini selaku investor berarti mbak tidak menanggung resiko apapun donk. Mau dia untung atau rugi mbak tetep dapet 2%. Lalu apa bedanya sama deposito?
B : Dia ikhlas lho dek, mbak gak matok harus sekian persen gitu kok.
A : Meski ikhlas atau saling ridho kalau tidak sesuai syariat ya dosa mbak.
B : Waduh...syariat kok ribet bener ya.
A : Ya karena kita sudah terlanjur terbiasa dengan yang keliru mbak. Memang butuh perjuangan untuk mengikuti aturan yang benar. Banyak kalau tidak berkah bikin penyakit lho mbak.hehe. Hmmm...ya sudah, ini 20 juta nya hutang aja. Mbak gak siap dengan resiko kerjasama. Nanti dikembalikan dalam dua bulan yaa.
B : Iya mbak. Terimakasih banyak mbak. Meski tidak mendapat hasil berupa materi tapi insya Allah mbak tetap ada hasil berupa pahala.
Amiiin..
▶▶▶▶▶

Pelajaran dari ilustrasi ini :

Perhatikan jika melakukan bisnis apakah berupa akad kerjasama atau akad peminjaman uang.. ?
ini 2 hukum islam yg berbeda dan efeknya pun di dunia dan akhirat juga berbeda.
“… Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…”
(QS.Al-baqarah:275)

Sebenarnya apa sih tujuan islam melarang riba? Seharusnya kan asal saling sepakat, saling rela, gak kena dosa toh?
Hukum islam itu dibuat untuk mengatur agar manusia mendapatkan kemaslahatan sebesar-besarnya tanpa manusia merugikan siapapun, meskipun sekecil-kecilnya.

Mari kita bahas contoh LABA dan RIBA agar anda mudah untuk memahami dengan bahasa yang umum:
1. Saya membeli sebuah sepeda motor Rp. 10 Juta dan saya hendak menjual dengan mengambil untung dengan bunga 1% perbulan untuk jangka waktu pembayaran 1 tahun.
Transaksi seperti ini tergolong transaksi RIBAWI.
2. Saya membeli sepeda motor Rp. 10 juta, dan saya hendak menjual secara kredit selama setahun dengan harga Rp. 11.200.000,-. Transaksi ini termasuk transaksi SYARIAH.
Apa bedanya? Kan kalau dihitung-hitung ketemunya sama, untungnya tetap Rp. 1.200.000?

Mari kita bahas kenapa transaksi pertama riba dan transaksi kedua syar'i.

*TRANSAKSI PERTAMA RIBA,*disebabkan:
1. Tidak ada kepastian harga, karena menggunakan sistem bunga. Misal dalam contoh diatas, bunga 1% perbulan. Jadi ketika dicicilnya disiplin memang ketemunya untungnya adalah Rp. 1.200.000,-. Tapi coba kalau ternyata terjadi keterlambatan pembayaran, misal ternyata anda baru bisa melunasi setelah 15 bulan, maka anda terkena bunganya menjadi 15% alias labanya bertambah menjadi Rp. 1.500.000,-.
Jadi semakin panjang waktu yang dibutuhkan untuk melunasi utang, semakin besar yang harus kita bayarkan.
Bahkan tidak jarang berbagai lembaga leasing ada yang menambahi embel-embel DENDA dan BIAYA ADMINISTRASI, maka semakin riba, uang yang kita bayarkan. Belum lagi ada juga yang menerapkan bunga untuk transaksi yang tidak terbayar, jumlahnya terakumulasi dan bunga ini akhirnya juga berbunga lagi.
2. Sistem riba seperti diatas jelas-jelas sistem yang menjamin penjual pasti untung dengan merugikan hak dari si pembeli. Padahal namanya bisnis, harus siap untung dan siap rugi.

*TRANSAKSI KEDUA SYAR'I,* karena:
1. Sudah terjadi akad yang jelas, harga yang jelas dan pasti. Misal pada contoh sudah disepakati harga Rp. 11.200.000,- untuk diangsur selama 12 bulan.
2. Misal ternyata si pembeli baru mampu melunasi utangnya pada bulan ke-15, maka harga yang dibayarkan juga masih tetap Rp. 11.200.000,- tidak boleh ditambah. Apalagi diistilahkan biaya administrasi dan denda, ini menjadi tidak diperbolehkan.
Kalau begitu, si penjual jadi rugi waktu dong? Iya, bisnis itu memang harus siap untung siap rugi. Tidak boleh kita pasti untung dan orang lain yang merasakan kerugian.
Nah, ternyata sistem islam itu untuk melindungi semuanya, harus sama hak dan kewajiban antara si pembeli dan si penjual. Sama-sama bisa untung, sama-sama bisa rugi. Jadi kedudukan mereka setara. Bayangkan dengan sistem ribawi, kita sebagai pembeli ada pada posisi yang sangat lemah.

Nah, sudah lebih paham hikmahnya Allah melarang RIBA?
Kalau menurut anda informasi ini akan bermanfaat untuk anda dan orang lain, silakan share status ini, untuk menebar kebaikan.
Dakwah anda hanya dengan meng-KLIK SHARE/BAGIKAN, maka anda akan mendapatkan pahala dari orang yang membaca dari share anda, dan juga jika dishare lagi anda akan mendapatkan pahala dari orang yang membaca dari share kawan anda.
Mungkin lebih tepatnya MULTI LEVEL PAHALA.. menuju hidup yang lebih baik, rezeki yang lebih berkah dan Indonesia yang diberkahi.

Kisah Seorang Anak bernama Umar, Ustadz Adi Hidayat Menangis

Ini adalah cuplikan sekilas kajian Ustad Adi Hidayat yang berjudul Presented to my friends, highway to Jannah, Langsung dari Choi Hung Road, Sanpo Kong, Diamond Hill, Hongkong. tanggal 4 Syaban 1438 Hijriah / 1 - 5 - 2016

Ternyata Kuat Nyari Rezeki Tidak Otomatis Bikin Kaya

Filosofi kuat menurut Islam.

  • Kalo ada yang nanya kuat itu apaan sih? Banyak yang jawab kuat itu mampu. Ya.. mampu ngangkat barang-barang berat, mampu melawan penjahat, mampu menerima sakit, atau mampu nyari rezeki yang banyak tanpa kenal lelah. Kuat itu lawannya lemah. Kuat adalah kata kerja yang sifatnya  positif. Jadi kalo bisa semua orang pengen kuat dan punya kekuatan itu.
  • Mukmin yang kuat itu juga jauh lebih dicintai Allah, sebagaimana hadits Rasulullah SAW berikut ini,
  • Manusia yang kuat seperti yang dimaksud hadits di atas adalah seperti yang digambarkan dalam hadits di bawah ini.  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
    « لَيْسَ الشَّدِيدُ بِالصُّرَعَةِ ، إِنَّمَا الشَّدِيدُ الَّذِى يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ »
    Bukanlah orang kuat (yang sebenarnya) dengan (selalu mengalahkan lawannya dalam) pergulatan (perkelahian), tetapi tidak lain orang kuat (yang sebenarnya) adalah yang mampu mengendalikan dirinya ketika marah.”[HR.al-Bukhari (no. 5763) dan Muslim (no. 2609).]
  • Jadi orang kuat kecintaan Allah bukanlah mereka yang gampang emosi. Malah sebaliknya mereka yang gampang marah itu justru orang lemah karena dia malah ngebiarin dirinya dikuasai hawa nafsunya, dikalahkan oleh emosinya. Karena musuh yang paling berbahaya bukanlah musuh di luar diri tapi di dalam diri, yaitu hawa nafsu. 

Kuat itu perlu, tapi.....

(1) Rezeki itu bukan tentang kekuatan.
  • Manusia kebanyakan seperti halnya anda dan saya ini seringkali berpikir kalo kuat nyari uang, kuat nyari rezeki, banting tulang siang malam, lembur gak kenal lelah, rezekinya beneran bakal banyak dan lama-lama jadi kaya. Padahal rezeki itu bukan tentang banting tulang. Gak kita kejar pun kalo udah rezeki bakalan datang. Sebaliknya juga gitu, kalo bukan rezeki kita kejar tanpa kenal lelahpun gak bakal dapat.

(2) Rezeki itu bukan tentang kemampuan menggenggam.
  • Banyak orang mengira, kita tuh jadi kuat saat memegang kokoh sesuatu. Sejatinya sih enggak. Orang yang memang kuat, dia selalu mampu tulus melepaskan. Kesempatan. Harapan. Cita-cita. Atau bahkan seseorang yang disayangi termasuk harta benda yang dimaknai sebagai miliknya. Padahal kita ini cuma dititipin, pemilk aslinya itu Allah. Jadi pada saat Si Empunya minta, masa' kita gak rela? Gak selalu tentang seberapa kuat kita menggenggam sesuatu, melainkan seberapa siap kita suatu saat melepaskannya.
  • Jika takdir membuat kita harus kehilangan harta, kehilangan orang terkasih, kehilangan sesuatu yang berharga, kita tuh udah siap. Karena kita tau bahwa semua itu bakal kembali ke Pemiliknya. Katakan Innalillahi wa inna ilahi rajiun.


(3) Rezeki itu bukanlah penguasaan atas sesuatu.
  • Banyak orang menyangka, mungkin anda dan saya juga, kita jadi kuat saat dalam posisi berkuasa, sukses, berhasil, rezeki lancar jaya bak jalan tol bebas hambatan.... Enggak. Kita justeru membuktikan segalanya, saat dalam posisi terjatuh, gagal, dan dilupakan. Tentu saja orang akan kuat saat berada di puncak, tapi pertanyaan besarnya, apakah dia masih kokoh saat kehidupan memukulnya tersungkur di dasarnya?
  • Banyak rezeki gak jadi jaminan mulia dan kurang rezeki bukan berarti hina. Karena bukan banyak gaknya rezeki yang menentukan kemuliaan seseorang tapi kemampuannya menggunakan rezeki itu  untuk kemaslahatan diri dan orang banyak. Kebanyakan kita mampu dan kuat saat diberi kesuksesan, kekuasaan, keberhasilan dan rezeki yang banyak. Tapi kekuatan yang sesungguhnya adalah pada saat semua itu direnggut dari kita tapi kita tetap mampu berdiri tegak dan berprasangka baik padaNYa.


(4) Rezeki itu gak ada kaitannya dengan fisik.
  • Banyak orang menilai, kita kuat karena fisik, badan besar, materi berlimpah, dan semua ukuran terlihat lainnya. Enggak. Kekuatan terbesar justeru ada di pikiran kita. Itulah kenapa, seseorang boleh jadi fisiknya ringkih, lemah, letoy, tapi kuat sekali pengaruhnya. Seseorang boleh jadi terpenjara, tapi kuat dan jauh sekali gaung suaranya. Kita selalu bisa menyakiti fisik orang lain, tapi yang tersimpan di pikirannya, gak tersentuh. Itu sebabnya ada orang makin tersakiti malah makin kuat. Fisiknya boleh sakit tapi mentalnya tetap kuat bahkan bertambah kuat setelah melalui banyak cobaan dan penderitaan.
  • Jangan pernah menyangka kalo kelebihan fisik yang diberinya, kekuatan, kebugaran, kecantikan itu kelebihan, tapi semuanya itu ujian. Karena banyak orang yang memanfaatkan kekuatan, kebugaran dan kecantikannya untuk mencari rezeki secara haram. Alangkah manisnya jika kelebihan itu justru dipake buat nyari rezeki halal dan meningkatkan kebermanfaatan dirinya bagi orang banyak. Karena orang yang diberi kekuatan secara fisik, sehat dan cantik / menawan itu gak asal dikasi sama Allah, pasti ada tujuannya. Yang nantinya bakal ditanya di Hari Penentuan nanti.

(5) Rezeki itu gak selalu mulus.
  • Banyak orang memahami, pujian, sanjungan, akan membuat seseorang lebih kuat. Duuh, keliru sekali. Karena sejatinya, cacian, hinaan, perkataan menyakitkan orang lain justeru menempa kekuatan seseorang. Bukan hal manis-manis yang membuat kita kuat, melainkan obat pahit, sepahit-pahitnya. Bukan jalan mulus, lurus dan mudah yang membuat kita tangguh, melainkan jalanan berduri, terjal dan penuh rintangan.
  • Rezeki bakal nyampe ke kita lewat jalan yang berbeda-beda. Tapi datangnya juga gak selalu mulus. Itu sebabnya ujian juga rezeki bagi orang yang beriman. Kita aja yang sering gak terima dengan kondisi yang diberiNya. Padahal pertolongan Allah itu amat dekat.

  • Karena itu jangan selalu bangga dan tinggi hati dengan kekuatan fisikmu dan kegigihanmu mencari rezeki di dunia ini. Karena itu bukan jaminan kekayaan dan kemakmuran. Allah ngajarin kita bagaimana menjadi kuat secara spiritual, kuat dalam segala kondisi. Karena hanya mukmin yang kuat yang dicintaiNya, jauh lebih dari mereka yang lemah. 
  • Kehidupan selalu melahirkan orang-orang kuat. Dan semoga itu termasuk kita salah-satunya. Agar kita bisa menjadi kecintaan Allah SWT. 

Jangan Suka Membatalkan Niat Baik

Sebuah kisah menginspirasi.

  • Luangkan sejenak untuk membaca…ini kisah yang sangat bagus....mudah-mudahan bisa menjadi pelajaran buat kita semua.
  • Seorang pria bangun pagi-pagi untuk melaksanakan ibadah shalat subuh. Setelah mengenakan pakaiannya, dia berangkat ke Masjid. Dalam perjalanannya ke Masjid, pria tersebut terjatuh dan pakainnya menjadi kotor.. Dia bangun, membersihkan diri, lalu kembali pulang.Sesampainya di rumah, dia mengganti pakaiannya, lalu berangkat kembali ke Masjid. Dalam perjalanannya ke Masjid, pria tersebut terjatuh kembali di tempat yang sama!
  • Lalu dia kembali bangun, membersihkan diri, dan pulang kembali. Sesampainya di rumah, Sekali lagi, dia mengganti pakaiannya, lalu berangkat kembali ke Masjid. Dalam perjalanan ke Masjid, dia bertemu seorang pria yang memegang lampu. Dia bertanya pada pria tersebut dari mana dia dan pria itu menjawab
  • Aku melihatmu terjatuh dua kali dalam perjalananmu ke Masjid, jadi aku membawakan lampu untuk menerangi jalanmu." Pria yang pertama tadi mengucapkan terimakasih banyak pada pria yang membawakannya lampu, dan keduanya berjalan bersama ke Masjid.
  • Setibanya di Masjid, pria yang pertama tadi mengajak pria yang membawa lampu untuk shalat berjamaah dengannya. Pria tersebut menolaknya. Pria pertama terus mengajaknya beberapa kali lagi, dan jawabannya tetap sama. Pria itu bertanya mengapa dia tidak mau shalat bersamanya.
  • Pria dengan lampu itu menjawab, “Aku adalah setan”. Pria itu terkejut mendengar jawabannya. Setan kemudian melanjutkan, “Aku melihatmu menuju ke Masjid dan akulah yang membuatmu terjatuh. Ketika kau pulang, membersihkan diri dan berangkat kembali ke Masjid, Tuhan mengampuni semua dosamu. Aku menjatuhkanmu sekali lagi, tapi kau tidak tinggal di rumah, dan tetap berangkat kembali ke Masjid. Karena itu, Tuhan mengampuni semua dosa orang-orang di rumah tanggamu. Aku khawatir jika aku menjatuhkanmu lagi, Tuhan akan mengampuni dosa orang-orang di kampungmu, jadi aku memastikan kau sampai di Masjid tanpa terjatuh."
  • Subhaanallah....
  • Janganlah kau membatalkan niat baik yang akan kau lakukan karena kau tidak pernah tau ganjaran apa yang mungkin akan kau dapat dari beratnya rintangan yang kau hadapi ketika berusaha melaksanakannya. (baca : niat baik = rezeki baik).
  • Karena kebaikanmu bisa menyelamatkan keluarga dan bangsamu"
  • Mahasuci Allah dalam kemuliaannya.
  • Ketika kau membawa Quran. Setan akan pusing. Ketika kau membacanya, dia tersungkur.
  • Ketika dia melihatmu membacanya, dia pingsan.
  • Ketika dia melihatmu menjiwai apa yang kau baca, dia kabur.
  • Baca lebih lanjut di artikel mau beruntung dan banyak rezeki? Bacalah Al Quran !

  • Keutamaan berjalan ke masjid pada waktu Shubuh dan Isya
  • Ini satu hadits yang membicarakan keutamaan berjalan ke masjid di kegelapan, terutama saat shalat Shubuh dan Isya.
  • Hadits no. 1058 dari Kitab Riyadhus Sholihin, Bab Keutamaan Berjalan ke Masjid
  • عن بُريدَة – رضي الله عنه – ، عن النبيِّ – صلى الله عليه وسلم– ، قَالَ : (( بَشِّرُوا المَشَّائِينَ في الظُّلَمِ إلى المَسَاجِدِ بِالنُّورِ التَّامِّ يَوْمَ القِيَامَةِ)) رواه أبُو دَاوُدَ وَالتِّرمِذِيُّ .
  • Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,
  • Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan di dalam kegelapan menuju masjid-masjid, bahwa ia akan mendapatkan cahaya sempurna pada hari kiamat.” (HR. Abu Daud, no. 561; Tirmidzi, no. 223. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

  • Kesimpulan Mutiara Hadits
  1. Orang beriman mendapatkan kabar gembira tentang keadaannya yang bercahaya pada hari kiamat.
  2. Setiap hamba berada dalam kegelapan kecuali orang yang beriman.
  3. Hadits ini menunjukkan keutamaan orang yang berjalan di kegelapan dan ini ditemukan dalam shalat Isya’ dan shalat Shubuh yang dilakukan berjamaah di masjid. Mereka yang menjaga shalat tersebut, itulah yang akan mendapatkan cahaya pada hari kiamat.
  4. Godaan setan gak mempan pada orang yang kuat imannya.
  • Ada beberapa hikmah shalat berjamaah Isya dan Shubuh di masjid:
    • (a) akan mudah turun berkah dan rahmat, jika ingin hidup berkah dan rezeki berkah, lakukan shalat subuh dan Isya di mesjid, jika gak bisa shalat lima waktu semuanya di mesjid.
    • (b) dengan berjamaah bisa menambah ilmu dan mengerti cara beramal shalat yang benar dengan memperhatikan lainnya, 
    • (c) keikhlasan dan kekhusyu’an sebagian jamaah akan berpengaruh pada jamaah lainnya, sehingga membuat ibadah seluruh jamaah jadi diterima. Bayangkan jika ini terjadi, kehidupan kita sekampung, sebangsa dan senegara bisa dirahmati, termasuk rezeki kita tentu saja.

Berikut Hal-Hal Yang Baru Kamu Sadari Setelah Dewasa Nanti

Umur bertambah harusnya makin bijak. Inilah 13 hal yang baru kusadari justru setelah beranjak dewasa.
13 Hal-Hal Berikut Baru Akan Kamu Sadari Setelah Dewasa Nanti

(1) Buku adalah teman terbaik.

  • Buku adalah jendela ilmu, punya banyak informasi dan lewat bukulah kita menemukan informasi yang benar tentang dunia. Buku bisa menemani kita kapan dan dimana serta dalam suasana apapun, tanpa pernah protes, tak pernah berpura-pura menyukai kita dan tak perlu selalu harus disenangkan.

(2) Kecantikan/ketampanan wajah bukan penentu karakter seseorang.
  • Tak perlu terintimidasi oleh kecantikan wanita lain dan tak perlu merasa rendah diri tak akan dipilih oleh si tampan, karena karakter dan kualitasnya belum tentu semenarik wajahnya. Wajah menarik itu bagus tapi tak bisa diandalkan karena seiring dengan waktu akan memudar tapi karakter jauh lebih bertahan dan takkan berubah selamanya. Pilihlah teman yang berkarakter baik bukan hanya sekedar menarik atau kaya saja.

(3) Tak perlu berusaha keras untuk mengesankan orang lain.
  • Jadilah diri sendiri. Tak ada kewajiban bagi kita untuk menyenangkan orang lain. Apalagi jika tujuan kita berbuat sesuatu hanya agar disukai orang lain, agar orang tetap menganggap kita baik dan mengesankan. Tak perlu berbuat baik jika hanya mengejar cap baik. Tapi berbuatlah kebaikan karena itu membuat kita bahagia.

(4) Jadi jomblo itu wajar saja.
  • Manusia memang dilahirkan berpasang-pasangan, tapi jika ada orang yang memilih untuk sendiri tak perlu dipersoalkan. Jadi jomblo itu bukan dosa tapi pilihan. Untuk apa mendapatkan pasangan tapi menghinakan diri. Jadilah jomblo yang bermartabat. Yang memiliki pasangan biarkan mereka berbahagia, yang jomblo pun belum tentu tak bahagia dengan kesendiriannya.

(5) Tidak ada yang kebetulan, segala sesuatu terjadi karena pilihan kita.
  • Tak ada sesuatu yang kebetulan di dunia ini. Mark Zuckerberg bos facebook bukan karena kebetulan dia kaya, tapi kekayaannya itu diperoleh dengan kerja keras, mulai merintis aplikasi tersebut saat masih kuliah, mengorbankan waktu tidur siangnya untuk mengembangkan apikasi medsos yang memiliki 1 milyar pengguna saat ini. Jokowi bukannya kebetulan jadi presiden, sebelumnya dia sudah merintis karier jadi walikota Solo, gubernur DKI sampai akhirnya memimpin Indonesia. Mereka ini memilih untuk kaya, dan untuk jadi presiden. Lalu mereka bekerja keras untuk mewujudkan pilihannya tersebut.

(6) Menangis bukan tanda kelemahan.
  • Kenapa Tuhan menciptakan air mata? Karena dia tahu bahwa kita butuh pelampiasan emosi dan perasaan lewat tetesannya. Tuhan tidak menciptakan air mata untuk ditahan, tapi untuk ditumpahkan agar hati tidak sesak dan pikiran jadi lega. Himpitan masalah memang tak peru ditangisi tapi jika menangis bisa membuat kita meluapkan perasaan dan menjadikan hari kita lebih baik, mengapa tidak?
  • Air mata bukan tanda kelemahan tapi tanda kehidupan. Hanya orang hidup yang bisa menangis. Ingat saat kita masih janin yang siap lahir dan merasakan dunia lain selain dalam rahim ibu yang aman?

(7) Ponsel dapat meningkatkan kualitas hidup.
  • Ponsel itu seperti pedang, jika dimanfaatkan dengan baik akan berguna tapi jika dimanfaatkan secara salah bisa melukai bukan hanya orang lain bahkan diri kita sendiri pun bisa terluka karenanya. Ponsel jika dimanfaatkan untuk mengatur jadwal, mencari informasi, menawarkan produk bisa meningkatkan kualitas hidup kita. 

(8) Maaf bisa saja diterima tapi kepercayaan belum tentu kembali seperti semula.
  • Seseorang menyakiti hati dan perasaan kita. Maaf memang kita beri bukan hanya karena dia patut untuk dimaafkan tapi juga karena kita tahu menyimpan dendam dan sakit hati tak ada gunanya, amlah membuat kita jauh lebih sakit. Sudah perih hati karena disakiti, memendam dendam bisa membuat kita tambah sakit.
  • Tapi kepercayaan itu butuh waktu untuk memulihkannya. Karena itu jangan sekali-kali menyakiti orang lain, karena maaf mungkin kita terima tapi belum tentu kita dipercaya lagi olehnya. Kepercayaan itu berat! Karena itu jagalah selalu kepercayaan orang lain pada kita. Sekali berkhianat susah untuk mengembalikannya.

(9) Orang-orang memperlakukanmu tergantung kebutuhan mereka padamu.
  • Kita memang saling tergantung satu sama lain. KIta saling membutuhkan, oleh sebab itu kita saling memanfaatkan satu sama lain. Tak perlu gusar dengan cara orang memperlakukanmu karena mereka memperlakukanmu sesuai dengan kebutuhannya padamu, tapi bagaimana kamu memandang diri sendiri itu penting. 
  • Jangan minta diperlukan tertentu oleh orang lain karena mereka tak bakalan dengar itu, karena mereka bertindak sesuai dengan apa yang mereka inginkan bukan berdasarkan kemauanmu. Kalaupun mereka mengikuti apa maumu, mungkin karena tak ingin mengecewakanmu atau malah berbuat lain di belakangmu.

(10) Percayalah bahwa hidup itu anugerah maka begitulah yang akan kita dapatkan.
  • Jika kita percaya hidup kita berlimpah maka kelimpahan yang kita dapat. Jika kita percaya hidup kita cukup, maka kecukupan yang kita dapat. Hidup itu kita yang tentukan. Siapa yang menjamin perasaan cukup dan berlimpah kecuali kita sendiri bukan? Keberlimpahan bukan ditentukan dari luar, dari banyak sedikitnya barang yang kita punya, tapi ditentukan dari dalam, dari perasaan cukup.

(11) Kita bergantung jawab pada kebahagian diri sendiri.
  • Jangan berharap terlalu banyak pada orang lain untuk membahagiakanmu, karena semua orang sibuk mengejar kebahagiaannya sendiri. Kitalah yang menentukan apakah akan berbahagia hari ini atau tidak. Bahagiakan diri sendiri dulu baru kita bisa membahagiakan orang lain. Bagaimana kita mau membuat orang lain berbahagia sedangkan kita sendiri kesusahan?

(12) Membuat orang lain tersenyum bahagia itu menyenangkan.
  • Siapa bilang butuh uang banyak untuk menyenangkan orang lain? Segelas air bagi mereka yang haus itu sudah cukup membahagiakan, sebungkus nasi bagi mereka yang lapar itu sudah lebih dari cukup, sedikit motivasi bagi teman yang sedang terpuruk dan bahu untuk mereka yang bersedih itu sudah melegakan bagi mereka.

(13) Bertanggung jawab pada hidup sendiri adalah jalan mendapatkan kehidupan yang diinginkan.
  • Mau bahagia..? Pilihlah untuk bahagia! Lakukan hal-hal yang membahagiakan, senyum yang membahagiakan, tawa yang menyenangkan dan kesenangan-kesenangan kecil yang menggembirakan. Bukan orang lain yang harus melakukan itu untuk kita, tapi diri kita sendiri. Karena berharap pada orang lain itu mengecewakan. Karena jika dia tak sesuai dengan harapan kita maka kita akan kecewa. Hanya kepada Tuhanlah manusia harus menggantungkan harapannya karena Tuhan tak pernah mengecewakan hambanya.

Tips Merawat Kulit yang Sensitif Secara Alami - BlackEXPO

Tips Merawat Kulit yang Sensitif - Siapa bilang memiliki kulit yang sensitif membutuhkan perawatan yang sulit? Banyak dari kita merasa, bila memiliki kulit yang sensitif membuat kita mengalami kesulitan untuk merawat dan menjaga kecantikan kulit yang sensitif. Menurut penuturan dari Dr. Eddy Karta Sp. KK, kulit yang sensitif memberikan respons yang berlebih pada perubahan suhu dan penggunaan bahan kosmetik yang menggangu kesehatan pada kulit.

Jenis Kosmetik yang Merusak Kulit Anda Muka dan Tips Merawat Kulit  Muka yang Sensitif Secara Alami
 

 Jenis Kosmetik yang Merusak Kulit Anda

Beberapa jenis kosmetik mungkin saja memiliki kandungan bahan aktif yang tidak bisa diterima oleh kulit. Selain itu, penggunaan kosmetik dalam porsi yang berlebihan atau pemakaian dalam jangka waktu yang terlalu panjang juga dapat memicu kulit menjadi sensitif.

Perubahan kulit. Anda yang berkulit normal, jangan senang dulu. Sebab, tidak menutup kemungkinan kondisi kulit yang normal akan mengalami perubahan menjadi sensitif. “Ini terjadi jika kita terlalu sering berlebihan menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan yang bersifat mengangkat sel kulit sehingga lapisan kulit lambat laun akan bertambah tipis,” papar kosmetolog Juliana Yu dari House of Skinnovation.

Sinar UV dan bahan makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab kulit sensitif . Pada saat kulit terbakar matahari, pembentukan struktur kolagen pada kulit menjadi tidak sempurna. Begitu juga dengan pigmen dan melanin kulit yang membuat proses penuaan terjadi lebih awal sehingga kulit menjadi sensitif.

Alergi! Sensitivitas kulit sering kali muncul pada saat kita mengonsumsi bahan makanan tertentu. Kondisi ini dipicu oleh adanya penolakan tubuh atau alergi terhadap makanan tersebut. Misalnya, makanan pedas, makanan atau minuman dengan kandungan ragi, cokelat, cuka, kafein, atau alkohol.

Tipe kulit secara umum dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu kulit normal, kering, berminyak dan sensitif. Beberapa orang juga bisa memiliki tipe kulit kombinasi di beberapa area kulitnya.
Walaupun begitu, tipe atau jenis kulit dapat berubah seiring dengan waktu dan usia. Perubahan tersebut juga bisa dipengaruhi oleh genetik dan penyakit serta pengobatan yang dilakukan seseorang.

Tipe-Tipe Kulit untuk Anda Ketahui

Inilah tipe-tipe kulit yang dapat Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

1.    Tipe Kulit Dapat Berbeda-Beda Karena Faktor-Faktor
Inilah tipe kulit dapat berbeda-beda karena faktor-faktor yaitu awbagai berikut:
•    Kadar air, yang mempengaruhi tingkat elastisitas dan kenyamanan kuit.
•    Kadar minyak, yang mempengaruhi kelembutan kulit.
•    Tingkat sensitifitas kulit.

2.    Tipe Kulit Normal
Kulit normal adalah jenis kulit yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Tipe ini memiliki ciri sebagai berikut:
•    Tidak terlalu sensitive.
•    Nyaris tak tampak pori-pori.
•    Warna kulit yang bercahaya/berseri.
•    Sangat sedikit flek atau kecacatan lain pada kulit.
Jenis kulit normal adalah yang paling mudah perawatannya.

3.    Tipe Kulit Kering
Kulit kering adalah tipe kulit yang kurang akan kelembaban alami. Sangat sedikit minyak yang bisa melindungi dan mempertahankan kelembaban di permukaan kulit.
Ciri umum yang tampak pada tipe kulit kering antara lain:
•    Pori-pori umumnya tidak kelihatan.
•    Permukaan kulit yang kusam atau kasar.
•    Bercak merah.
•    Kurang elastis.
•    Terlihat lebih banyak garis-garis pada kulit
Bila terpapar oleh faktor-faktor yang dapat mengeringkan kulit, kulit ini bisa menjadi retak, mengelupas, terasa gatal, iritasi hingga terjadi peradangan. Jika kulit anda sangat kering, kulit anda sangat mudah tampak kasar dan bersisik, khususnya pada area punggung, tangan, lengan, dan juga kaki.

4.    Tipe Kulit Berminyak
Kulit berminyak dicirikan dengan kadar minyak yang berlebihan pada kulit, khususnya pada wajah. Tipe kulit ini bahkan akan berminyak hanya beberapa jam setelah mandi atau membersihkan wajah.


Kulit berminyak bisa jadi bersifat genetik (diturunkan), tetapi bisa juga disebabkan oleh pubertas, yang mengakibatkan kelenjar minyak memproduksi sebum secara berlebihan. Selain itu, kulit berminyak dapat disebabkan oleh stres dan terpapar oleh panas atau suhu yang terlalu lembab.
Kadar minyak berlebih biasanya tampak pada “T-zone” di wajah, seperti dahi, hidung dan dagu. Ciri lain dari kulit berminyak adalah berupa pori-pori yang tampak besar, kulit yang kusam dan mengkilat, serta keberadaan komedo dan jerawat.
Hmms, kalau difikir-fikir dampak dari pemakaian kosmetik secara berlebihan ternyata berbahaya juga lho bagi kesehatan kulit kita. Ok, kembali pada TOPIK pembahasan berita sehat lengkap yaitu Tips Merawat Kulit yang Sensitif. Apa sih Tipsnya? 

Tips Merawat Kulit yang Sensitif

Simak penjabaran dibawah ini mengenai tips merawat kulit yang sensitif yaitu sebagai berikut:
1.    Dengan Garam
Harganya tidak terlalu mahal dan tentunya rasanya Asin,, Hehe namanya juga Garam (just Kidding yya) Tapi jangan remehkan khasiat dari garam lho ... para pembaca setia site "Berita Sehat Lengkap" yaitu menggunakannya sebagai LULUR, dengan cara mengoleskannya kebagian kulit dan membasuhnya dengan Air hangat, bukan hanya kulit yang terasa segar akan tetapi Garam juga mampuh melancarkan sirkulasi peredaran darah.
Bagaimana pengunjung serta pembaca setia site "berita sehat lengkap" mudah bukn cara merawat kulit yang yang sensitif?

Kalau begitu sekian dulu nie postingan dari berita sehat lengkap mengenai Tips Merawat Kulit yang Sensitif, jangan lupa klik suka dan bagikan ya.

Semoga artikel dari berita sehat lengkap hadirkan dapat bermanfaat untuk semuanya. Amin.
Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat, sampai jumpa dipostingan artikel berikutnya ya.

Jenis-jenis Buah Yang Dapat Membantu Kesehatan Kulit Agar Awet Muda

Jenis-jenis Makanan Yang Sehat Untuk Kesehatan Kulit Agar Awet Muda – Awet muda merupakan suatu keadaan kulit yang terlihat masih muda dan kencang disaat usia lanjut dan awet muda ini menjadi dambaan bagi setiap orang. Karena saya tahu semuanya menginginkan awt muda ini walaupun usianya sudah lanjut. Seiring dengan itu agar Anda tetap awet muda haruslah memperhatikan salah satunya jenis makanan yang sehat yang harus di konsumsi, maka didalam kesempatan kali ini saya akan share untuk kalian semua tentang beberapa jenis makanan sehat yang bermanfaat untuk awet muda.

Perlu diketahui sedikitnya yaitu bahwa penuaan yang berbanding terbalik dengan awet muda ini merupakan hal yang alami dan wajar bagi setiap orang yang mengalaminya. Tetapai walaupun begitu tidak berarti Anda semua tidak melakukan perbuatan apapun untuk perawata pada kulit agar kulit terhindar dari penuaan ini dan menjadi terlihat awet muda. Nah, sebenarnya untuk awet muda ini atau menghindari penuaan tidaklah susah dan mahal untuk Anda lakukan, namun sebaliknya hal ini sangatlah mudah, alami dan murah tidak perlu Anda menghabiskan jumlah kocek uang yang sangat besar. Tipsnya yaitu Anda tinggal memilih jenis makanan yang sehat, berkualitas, banyak kandungannya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, wajah maupun kulit. Tanpa basa-basi lagi mari kita ketahui berikut ini beberapa jenis makanan sehat untuk awet muda yang bisa dengan mudah Anda pilih dan lakukan disetiap harinya.
Jenis-jenis Buah Yang Dpat Membantu Kesehatan Kulit Agar Awet Muda

Jenis Makanan Sehat Untuk Awet Muda

Berdasarkan pemaparan diatas bahwa salah satu tips untuk awet muda ini yaitu dengan memilih jenis asupana makanan yang sehat yang bermanfaat untuk awet muda. Maka dengan itu, inilah jenis makanan yang harus Anda pilih yaitu sebagai berikut:

1.    Dengan Mengkonsumsi Ikan

Perlu diketahui ternyata ikan ini dapat bermanfaat juga untuk menjadikan Anda lebih awet mudah. Mengapa bisa terjadi? Karena ikan ini kaya akan kandungan protein organic dan omega-3 yang dapat berfungsi untuk menjaga tonus otot yang nantinya dapat berfungsi menjaga kelenturan kulit dan juga mencegah kulit dari peradangan. Maka dari itu, mulailah untuk mengkonsumsi ikan jika Anda ingin terlihat awet muda. Perlu diketahui bahwa ikan ini dapat bermanfaat juga untuk melangsingkan tubuh anda tanpa efek samping. 

2.    Dengan Mengkonsumsi Wortel

Wortel ini merupakan salah satu jenis makanan sayuran yang sangat bermanfaat sekali untuk tubuh dan kulit sehingga dapat menjadikan awet muda. Selain itu, yang menjadikan awet muda dengan mengkonsumsi wortel ini yaitu kandungan betakroten yang berdungsi melindungi kulit dari paparan sinar mata hari. Maka dari itu, jika Anda ingin tetap awet muda perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan ini. Oh iya, selain itu juga wortel ini sangat bermanfat sekali untuk perawatan mata agar mata tetap sehat. 

3.    Dengan Mengkonsumsi Kentang

Konsumsilah kentang sesua dengan selera Anda karena kentang ini dapat menjadikan kulit menjadi lebih kencang dan awet muda. Selain itu, kentang ini memiliki kandungan mineral nantrium dengan kadar alkalin tinggi yang dapat berfungsi mengurangi kerutan, mencegah terjadinya penuaan dan juga memperbaiki aktivitas hati sehingga jaringan menjadi elastic dan otot lentur. Maka jika Anda semua ingin awet muda mulailah mengkonsumsi kentang karena selain awet muda juga banyak juga manfaat yang lainnya seperti yang telah dijelaskan diatas. 

4.    Dengan Mengkonsumsi Buah Stroberi

Stroberi ini tidaklah susah untuk Anda dapatkan dan stroberi ini ternyata selain enak untuk dikonsumsi dapat juga bermanfaat untuk menjadikan kulit terlihat lebih awet muda. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena stroberi ini kaya akan kandungan vitamin C dan asam elagik yang dapat berfungsi untuk mengurangi kerusakan pada DNA (deoxybonucleic Acid) yang akan memicu timbulnya kerutan pada kulit (penuaan). Nah, bagi Anda yang ingin awet muda mulailah dari sekarang untuk memperbanyak mengkonsumsi jenis buah stroberi ini ok. 

5.    Dengan Mengkonsumsi Buah Salak

Buah salak ini sangatlah mudah untuk didapat, nah buah ini selain bermanfanfaat untuk menghaluskan kulit wajah tetapi dapat bermanfaat juga untuk mengencangkan kulit wajah sehingga akan terlihat lebih awet muda. Selain itu, kandungan yang ada didalam buah ini dapat berfungsi juga sebagai pencegah dari terjadinya penuaan dan peradangan terutama pada kulit wajah. 

6.    Dengan Mengkonsumsi Buah Apel

Mengapa apel ini dapat menjadikan awt muda? Karena apel ini kaya akan kandungan plavanoid, antioksidan yang dapat berfungsi sebagai pencegah terjadinya penuaan pada kulit dan pelindung tubuh dari kanker paru-paru dan usus. Selain itu, zat tersebut juga dapat melawan kolestro jahat. Tuhkan banyak manfaatnya selain menjadikan awet muda karena tercegah dari penuaan dapat juga terhindar dari berbagai jenis penyakit. 

7.    Dengan Mengkonsumsi Buah Alpukat

Apukat ini selain enak dikonsumsi apalagi dibuat jus ternyata dapat bermanfaat sekali untuk kulit yang akan menjadikan awet muda. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena alpukat ini kaya akan kandungan vitamin E yang dapat berfungsi memerangi radikal bebas dan merangsang pembentukan sel kulit baru, serta menguatkan jaringan kolagen dan membantu mengurangi resiko kanker kulit. Ingin awet muda! Mulailah untuk mengkonsumsi jenis makan buah alpukat ini karena buah alpukatlah yang dapat menjadikan Anda awet muda. Oh iya, alpukat juga ternyata dapa bermanfaat untuk perawatan wajah yang dapat menjadikan wajah lebih segar dan cerah. 

8.    Dengan Mengkonsumsi Buah Anggur

Buah ini sama halnya dengan stroberi yaitu tidak susah untuk dicari dan selain enak dimakan dapat bermanfaat juga untuk menjadikan Anda awet muda. Karena anggur ini kaya akan kandungan anthocyanins yang dapat berfungsi mencegah vena melilit, membantu pembentukan kolagen, menguatkan pembulu darah yang dapat menyebarkan oksigen dan nutrisi sekaligus membuah racun dalam tubuh yang dapat menjadikan penuaan dini. Maka dengan itu, awet muda tidaklah susah untuk Anda dapatkan karena jika ingin awet muda mulalilah untuk mengkonsumsi jenis makan buah anggur ini. 

9.    Dengan Mengkonsumsi Paprika Merah

Jenis makanan ini dapat menjadikan Anda awet muda. Karena kandungan betakroten dan vitamin C yang terkandung didalamnya dapat berfungsi untuk membentuk kolagen yang secara alami dapat mengencangkan kulit Anda. Nah, secara tidak langsung kulit Anda akan terlihat lebih muda kembali. Maka mulailah untuk mengkonsumsi jenis makanan ini karenan makanan ini dapat menjadikan Anda menjadi awet muda. 

10.    Dengan Memanfaatkan Bawang Bombay

Ternyata bawang bobay ini dapat bermanfaat juga untuk kulit yang akan menjadikan Anda awet muda. Bawang bobay ini bisa Anda konsumsi dengan menjadikannya bumbu atau apapun itu yang sesuai dengan selera keninginan Anda semua. Mengapa bawang Bombay dapat menjadikan awet muda? Karena jenis bawang ini memiliki kandungan flavonoids dan dially1 sulfide dan antikoksidan yang dapat berfungsi untuk pelindung DNA (deoxybonucleic Acid), antiperadangan dan alergi yang dapat merusak kulit Anda. 

11.    Dengan Memanfaatkan Minyak Zaitun (Extra Virgin Oil)
Minyak zaitu ini ternyata dapat bermanfaat juga untuk perawatan kulit yang dapat menjadikannya lebih awet muda lagi. Perlu diketahui bahwa awet muda bisa didapat dengan memnafaatkan minyak zaitun ini karena minyak ini mengandung lemak tak jenuh tunggal (Asam Oleat) yang dapat berfungsi sebagai antiperdadangan, menjaga kelnturan kulit terutama bagi kulit kering sehingga nantinya kulit menjadi lebih kencang dan terlihat lebih awet muda.

Itulah beberapa jenis makanan sehat untuk awet muda yang bisa dengan mudah Anda dapat dan lakukan. Ingin awet muda! Mulailah untuk mengkonsumsi makan sehat yang telah dijelaskan diatas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Searches related to Kesehatan Kulit Agar Awet Muda
cara agar awet muda menurut islam
cara merawat wajah agar awet muda dan segar
tips agar awet muda dan langsing
tips awet muda wanita jepang
cara membuat wajah awet muda dan berseri
buah untuk awet muda
tips awet muda untuk pria
cara membuat wajah awet muda dan kencang

Faktor Penyebab Wajah Tua dan Keriput di Usia Muda

Faktor Wajah Tua dan Keriput di Usia Muda - Semakin tua menjadi semakin keriput adalah hal yang wajar. Akan tetapi bagaimana jika wajah keriupt tersebut dialami oleh seseorang dengan usia yang masih sangat muda? Tentu saja memiliki wajah cepat tua, atau bahkan kulit wajah menjadi lebih dahulu keriput di usia muda dibandingkan dengan teman sebaya adalah kejadian yang mengerikan. Sudah pasti kita semua tidak berharap ini terjadi pada diri kita. Lebih-lebih jika usia masih sangat tergolong muda. Oleh karena itu kami mencoba berbagi infromasi terkait beberapa faktor wajah tua dan keriput di usia muda.

Tidak mengherankan jika segala cara akan dilakukan untuk mencegah keriput di usia dini. Bahkan banyak yang mencoba melakukan treatmen mahal untuk mencegahnya. Akan tetapi kadang mereka lupa, bahwa mempelajari segala faktor yang menyebabkan penuaan dini adalah langkah awal yang sangat penting agar diagnosis dan pencegahannya dapat dilakukan dengan cara-cara yang benar.
Faktor Penyebab Wajah Tua dan Keriput di Usia Muda

Faktor Penyebab Wajah Keriput di Usia Dini

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan sesuai dengan pola hidup sehat Anda. Periksa kembali hal-hal berikut, khususnya perilaku hidup Anda, barangkali ada yang perlu dikoreksi agar persoalan percepatan wajah dan kulit menjadi lebih cepat keriput dapat terselesaikan.

1.    Kurang Minum Air Putih

Periksa kembali ukuran konsumsi air putih Anda. Jika memang Anda termasuk orang yang malas minum air putih, maka segara rubah kebiasaan buruk ini. Sebab kekurangan konsumsi air sudah pasti selalu menimbulkan stress pada kulit. Akibatnya, kulit berubah menjadi kusam dan keriput. Karena itu sangat disarankan Anda mulai mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas sehari. Jangan takut mengganggu diet Anda, sebab air putih tidak akan mempengaruhi diet Anda. Beribicara tentang diet Anda bisa mengetahui lebih lengkapnya di sini Tips Diet Tanpa Menggunakan Obat Dengan Cepat, siapa tahu dapat membantu Anda dan orang-orang di sekeliling Anda untuk mengetahui lebih lanjut soal diet ini.

2.    Sering Terkena Sinar Matahari

Periksa kembali kebiasaan Anda yang mungkin selama ini Anda abaikan, yakni gangguan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari di atas pukul 09.00 pagi. Sinar matahari di atas jam Sembilan, atau bahkan siang hari akan sangat berpengaruh pada elastiistas dan kelembapan kulit. Kandungan UV sinar matahari akan merusak peremajaan kulit dan mematikan sel kulit. Hal ini membuat pergantian sel kulit mati pada sel kulit baru yang tumbuh menjadi terganggu. Akibatnya tentu saja rusaknya system jaringan kulit, membuat kulit menjadi kusam hingga menjadi keriput.

3.    Kebiasaan Merokok

Bagaimana merokok dapat mempengaruhi kulit? Tentu saja sangat berpengaruh. Sebab distribusi makanan sel hidup di dalam tubuh selalu disuplai oleh darah yang mengalir ke seluruh jaringan tubuh. Darah perokok membuat kandungannya berubah, dari bersih dan murni mengangkut oksigen dan nutrisi tubuh menjadi pengangkut racun. Beberapa racun tersebut berpengaruh pada kehidupan sel kulit, terutama pada regenerasi sel. Darah perokok juga menjadi sangat minim oksigen, sehingga sel yang seharusnya tumbuh menggantikan sel yang rusak menjadi terkendala.

4.    Kekurangan Vitamin dan Mineral

Bagi Anda, khususnya wanita, yang sedang menjalani diet wajib hati-hati. Sebab jika cara diet Anda salah maka salah satu akibatnya adalah menjadi kekurangan vitamin dan mineral. Karena itu jangan seenaknya mengubah menu makan Anda dengan tidak memperhatikan asupan gizi yang sesuai. Apalagi akibat kekurangan vitamin dan mineral ini dapat menyebabkan kulit cepat keriput, kondisi yang berlawanan dengan cita-cita Anda melakukan program diet. Cara diet yang tepat adalah dengan melakukan pengukuran nutrisi, gizi, kalori dan vitamin yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan aktifitas rutin Anda.

5.    Menggunakan Produk Kosmetik yang Tidak Tepat

Produk kosmetik akhir-akhir ini makin banyak keluar di Negara Indonesia ini. Anda pun mengetahui hal ini, iya kan? Nah, yang saya mau ingatkan di sini yaitu perhatikan produk kosmetik yang baru yang tidak biasa Anda pakai karena jika produk kosmetik yang di beli baru dan tidak cocok pada kulit Anda maka jangan heran kulit Anda lambat laun akan cepat berubah menjadi keriput. Jadi sebaiknya Anda perhatikan ke cocokan kosmetik terhadap kulit tubuh Anda. Saya sarankan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter yang ahli kosmetik agar produk kosmetik yang akan Anda pakai cocok dengan kulit tubuh Anda.

Dari beberapa faktor yang sudah tertulis di atas, pada prinsipnya untuk mencegah penuaan dini atau kulit keriput di usia muda adalah terkait dengan pola dan perilaku hidup sehat Anda. Perhatikan dengan baik sesuai dengan ukuran kesehatan yang Anda butuhkan. Jika tidak melanggar prinsip hidup sehat maka sudah pasti anda telah menghindari berbagai Faktor Wajah Tua dan Keriput di Usia Muda.
Maka dari itu, mulailah untuk berprilaku pola hidup sehat agar kulit Anda terhindar dari yang namanya penuaan terutama penuaan di usia yang sangat dini. Wah, bahaya sekali jika hal itu terjadi pada Anda. Jadi sekali lagi mulailah dari sekarang untuk menlaksanakan pola hidup sehat ok.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat membantu Anda di dalam mencegah terjadinya penuaan di usia dini.

Searches related to Penyebab Wajah Keriput
penyebab keriput di sekitar mata
cara mengatasi kulit keriput pada wajah
penyebab kulit tangan keriput di usia muda
cara mengatasi kulit keriput pada tangan dan kaki
cara mengatasi wajah keriput dan kering
kulit keriput dan kering
ramuan kulit tangan keriput
arti kerutan di dahi

Tips Mengatasi Kulit Keriput Agar Tetap Awet Muda

Tips Mengatasi Kulit Keriput Agar Tetap Awet Muda - Keriput di usia muda? Tentu saja ini tidak menyenangkan, bahkan bisa jadi mengerikan jika saja ternyata percepatan menjadi keriput sangat parah. Tidak semata keriput ini membuat kecantikan wajah berkurang secara drastis, akan tetapi juga merupakan serangkaian peristiwa tidak wajar yang dapat membuat seseorang menjadi sangat tertekan dan strees. Untuk itu kami tuliskan tips mengatasi kulit keriput agar tetap awet muda.

Salah satu alasan utama kulit menjadi keriput adalah pengaruh perilaku kurang sehat dalam penerapan pola hidup. Seperti kekurangan air putih, kurang vitamin dan mineral, malas bergerak atau berolahraga, atau bisa juga disebabkan oleh faktor diet yang salah. Diet yang salah itu bisa jadi dikarenakan keinginan yang menggebu untuk dapat segera langsing dengan cara merubah menu makan secara drastis, tidak sehat, bahkan kekurangan vitamin, mineral dan gizi.
Tips Mengatasi Kulit Keriput

Tips Mengatasi Kulit Keriput Agar Tetap Awet Muda

Nah, inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kulit terhindar dari yang namanya kriput dan tetap awet muda yaitu sebagai berikut:

1.    Periksa Kembali Pola Hidup Sehat Anda

Oleh karena itu, sebelum melangkah membaca dan melakukan tips mengatasi kulit keriput agara tetap awet muda ini, maka periksa kembali pola hidup sehat Anda. Apakah aktifitas harian Anda termasuk orang yang malas olah raga, malas minum air putih, atau bahkan mempunyai nafsu makan yang buruk? Jika demikian kondisinya, maka yang utama harus diselesaikan adalah mencari solusi untuk merubah kebiasaan tidak baik tersebut.
Lakukan pola hidup sehat yang sesuai, di mana makanan yang dikonsumsi adalah sesuai dengan kebutuhan kalori yang Anda butuhkan. Tidak kebanyakan, tidak juga kekurangan. Dengan demikian setiap makanan yang dikonsumsi menjadi efektif sebagai bahan energi, perlindungan dan regenerasi sel yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

2.    Jangan Lupa Konsumsi Buah-Buahan

Buah mempunyai kandungan vitamin yang tidak dapat tergantikan oleh makanan lain. Dengan mengkonsumsi buah secara rutin, maka asupan vitamin sebagai salah satu bahan utama untuk mengencangkan kulit dapat terpenuhi. Pemenuhan vitamin melalui konsumsi buah dapat dilakukan dengan mengkonsumsi secara rutin buah nanas, buah mentimun, buah tomat atau papaya. Kandungan vitamin C, Vitamin E, dan antioksidan radikal bebas dari masing-masing buah tersebut dapat membantu regeneraasi sel sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

3.    Cuci Wajah dan Mandi Secara Teratur

Debu, kotoran, dan berbagai radikal bebas dari luar merupakan tempat yang nyaman untuk pertumbuhan jamur dan hewan yang tidak kasat mata. Pertumbuhan tersebut berpengaruh pada kesehatan kulit, termasuk keberlangsungan sel-sel kulit untuk terus hidup dan berkembang dengan baik. Oleh sebab itu mandilah secara teratur, sekaligus mencuci wajah pada saat malam hari menjelang tidur, atau pada saat sampai dari perjalanan jauh. Lebih-lebih jika perjalanan Anda melewati tempat-tempat yang berdebu dan banyak kotoran. Segera lakukan pencucian wajah atau jika diperlukan mandi untuk menyegarkan kembali kulit Anda.

4.    Lindungi Kulit dari Sering Terkena Matahari

Sinar matahari diatas jam 9 pagi mengandung sinar UV yang berbahaya untuk keberlangsungan sel kulit. Oleh karena itu berikan perlindungan pada kulit Anda. Hal ini dapat Anda lakukan dengan memberikan perawatan khusus melalui lotion atau alat kosmetik lain yang legal, resmi terdaftar BPOM dan terpercaya.

5.    Lakukan Perawatan Kulit dan Wajah

Jika Anda sungguh-sungguh menginginkan kesehatan dan kecantikan kulit Anda terpelihara dengan baik, maka lakukan perawatan kulit dan wajah dengan cara yang sempurna. Sekali lagi pilih kosmetik terpercaya, yang resmi terdaftar BPOM dengan harga yang sesuai. Untuk menyempurnakannya, silakan baca artikel kami tentang tips merawat kulit dan wajah secara alami lainnya.

6.    Cuci Wajah di Malam Hari

Bagai wanita yang seharian beraktivitas keluar rumah tentunya memakai make up dan selain itu juga jika keluar rumah tentunya kotoran menempel di kulit wajah Anda. Maka dari itu, agar Anda terhindar dari yang namanya kulit keripu sebaiknya cuci wajah ketika Anda selesai beraktivitas atau di malam harinya. Dengan demikian kulit wajah Anda akan terhindar dari penuaan dini dan akan tetap awet muda.
Manfaat lain dari mencuci wajah di malam hari juga yaitu dapat menghilangkan kotoran yang akan menyebabkan timbulnya jerawat di wajah Anda.

7.    Dengan Berolahraga

Selain bermanfaat untuk diet, olahraga ini juga akan berdampak baik pada kesehatan jika di lakukan secara rutin dan teratur di setiap minggunya. Nah, dengan tubuh sehat maka tubuh akan terasa bugar dan juga mampu menjadikannya lebih awet muda dengan arti lain fungsi-fungsi sel di dalam tubuh akan tetap baik hingga mencapai usia tua. Perhatikan saja oleh Anda orang yang suka berolahraga, walaupun usia mereka sudah tua tapi tubuhnya tetap bugar dan terlihat awet muda.

Semoga salah satu bagian dari artikel tentang kecantikan kulit dan wajah Tips Mengatasi Kulit Keriput Agar Tetap Awet Muda ini bermanfaat untuk Anda. Lakukan dengan baik dan sungguh-sungguh jika Anda benar-benar ingin tetap terlihat awet mudan.
Kalau begitu sekian dulu nie posting dari Berita Sehat Lengkap untuk hari ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Ikuti terus artikel-artikel terbarunya dan jangan lupa juga untuk di share ke sahabat-sahabat yang lainnya, karena siapa tahu mereka pun membutuhkan informas ini.

Searches related to Mengatasi Kulit Keriput
cara mengatasi kulit keriput pada wajah
cara mengatasi kulit keriput pada tangan dan kaki
cara menghilangkan keriput dibawah mata
cara mengencangkan kulit tangan dan kaki
cara menghilangkan keriput di jari tangan
vitamin untuk kulit kering dan keriput
cara menghilangkan keriput di jidat
tangan keriput di usia muda

Buah-Buahan Ini Dipercaya Membuat Wajah Awet Muda Secara Alami

Jenis Buah-Buahan untuk Wajah Awet Muda - Memiliki wajah awet muda adalah kebanggan, baik untuk diri sendiri, keluarga atau di hadapan rekan kerja, teman atau saudara lainnya. Untuk mendapatkan wajah awet muda tersebut tentu saja ada beberapa hal yang harus dilakukan, khususnya perlakuan khusus dalam rangka memberikan nutrisi dan vitamin yang cukup pada kulit kita. Pertanyaannya, bisakah kita mendapatkan kulit wajah awet muda secara alami, tanpa produk kecantikan atau treatmen anti-aging? Nah kali ini kami akan membahas jenis buah-buahan untuk wajah awet muda.
Jenis Buah-Buahan untuk Wajah Awet Muda

Buah-Buahan untuk Wajah Awet Muda

Inilah yang harus Anda ketahui dari begitu banyak buah-buahan yang bermanfaat untuk awet muda, yaitu sebagai berikut:

1.    Buah Nanas

Buah Nanas ternyata sangat berguna untuk menghilangkan keriput pada kulit wajah. Cukup mengoleskan daging buah nanas yang telah dilebutkan, atau bisa langsung saja dioles-oleskan pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu lalu bilas dengan air sampai bersih.
Di dalam daging nanas terdapat daging yang keras di bagian tengah. Sebaiknya daging keras tersebut jangan dibuang, karena kaya akan serat. Daging keras tersebut sangat bermanfaat untuk membersihkan usus dari sebagai detoks, sehingga kerja pencernaan lebih ringan dalam proses penyerapan segala nutrisi makanan. Hal ini sangat membantu efektifitas makanan yang kita konsumsi terserap semua nutrisinya.

2.    Buah Mentimun

Buah Mentimun juga bermanfaat untuk mencegah kulit cepat keriput. Caranya adalah dengan mengiris tipis buah mentimun, lalu ditempelkan pada wajah yang sudah bersih. Hal ini bermanfaat untuk menyegarkan kulit, memberikan nutrisi dalam proses menghilangkan keriput pada kulit wajah. Selain dapat digunakan secara alami, mentimun juga telah diekstrak menjadi bahan kosmetik dan body lotion.

3.    Buah Bluberry

Buah Blueberry mengandung antioksidan akan zat lain yang dapat menjaga kesehatan dan juga keremajaan kulit. Kandungan Blubeey adalah Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin K dan juga tinggi serat alami. Kandungan tersebut dapat membantu kesehatan, kelembaban, sekaligus untuk memperlambat terjadinya penuaan dini. Fakta ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian jika blueberry mengandung senyawa kimia yang dapat memperlambat aging atau penuaan.

4.    Buah Tomat

Buah Tomat dapat digunkan untuk mencegah kulit keriput di wajah. Caranya adalah dengan mengiris-iris tomat lalu tambahkan madu dan dicampur rata, dioleskan pada wajah, ini efektif untuk menghilangkan keriput.

5.    Buah Melon

Buah melon ini merupakan buah yang mengandung antioksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga mampu membantu keremajaan kulit pada wajah Anda. Selain itu, hal ini juga dapat memperlambat aging atau penuaan sejak dini.

6.    Masker Buah Pisang dan Alpukat

Nah, untuk hasil yang lebih maksimal Anda juga dapat membuat masker wajah dari buah pisang, alpukat dan di tambahkan sedikit madu. Dengan melakukan hal ini wajah Anda akan terlihat lebih cerah, cantik dan juga akan terlihat lebih muda.
Selain buah-buahan di atas, beberapa buah berikut juga bermanfaat untuk peremajaan kulit secara alami. Buah-buah tersebut adalah alpukat, pisang, semangka, melon, buah peach, dan juga apokat. Buah-biah tersebut mengandung  antioksidan dan juga dapat membantu pertumbuhan kolagen pada kulit. Pisang dan alpukat dapat dimanfaatkansebagai masker agar dapat memberikan hasil yang lebih maksimal pada wajah Anda. Anda dapat membuat masker alpukat dengan mencampur sedikit madu sedangkan untuk masker pisang Anda dapat menambahkan sedikit minyak zaitun.

Bahan Alami lain Untuk Wajah Awet Muda

Selain buah-buahan di atas, ternyata ada juga bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk wajah agar tetap awet muda, yaitu sebagai berikut:

1.    Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata bermanfaat untuk kelembapn kulit secara alami. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa hangat pada wajah. Hal ini berguna untuk mengangkat kulit kering, kotoran dan sel kulitmati  yang menimbulkan keriput.

2.    Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak alami yang banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Oleskan minyak zaitun sebelum tidur, dengan terlebih dahulu mencuci bersih wajah. Biarkan minyak zaitun bekerja mengatur kelembapan saat Anda tidur, membantu meregenerasi sel dan mengangkat sel mati. Rasakan kesegarannya esok hari saat bangun tidur.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami dan buah-buahan tersebut dapat membantu Anda mempercantik diri secara alami dan aman. Murah dan mudah, demikian jenis buah-buahan untuk wajah awet muda.
Semoga artikel yang di sampaikan kali ini dapat bermanfaat untuk pembaca site Berita Sehat Lengkap dan umunya untuk semuanya. Oh iya, jangan lupa untuk di share juga ke teman-teman Anda yang lainnya ok.

Searches related to buah untuk awet muda
jus buah untuk awet muda
tips bikin awet muda
sayuran yang membuat awet muda
bercinta bikin awet muda
sayur buat awet muda
makanan awet muda untuk pria
puasa bikin awet muda
buah awet muda alami